Category

Food

Category

Makan serabi pakai kuah yang rasanya manis itu pas lagi hujan ataupun pas pagi pagi pasti berasa seger banget gak tuh. Cuman belum tentu kan di kota kalian ada yang jual serabi ? Mendingan kamu coba bikin sendiri deh serabi nya siapa tau bisa jadi peluang bisnis di kota-mu. Kalo kamu udah tau resep serabi ini pastinya kamu akan lebih mudah untuk buat variasi serabi yang unik.

serabi kuah
Serabi Kuah

Eh sebentar dulu, apa kalian ada yang gak tau apa itu kue serabi ?

Okey kalau gitu akan aku jelasin dulu apa itu serabi. Jadi, ini itu adalah jajanan tradisional dari Indonesia yang terbuat dari tepung beras. Ada beberapa jenis serabi yaitu ada serabi yang dimakan pakai kuah dan ada juga yang hanya pakai topping saja dibagian atasnya.

Kali ini aku akan membahas gimana cara membuat serabi kuah yang bisa dibuat dengan menggunakan teflon saja.

Cara Membuat Serabi Kuah

Bahan Kue Serabi

  • 1 butir telur
  • 100 ml santan
  • 1/2 sendok teh fermipan
  • 1/2 sendok teh garam halus
  • 1 sendok teh baking powder
  • 100 ml air matang
  • 125 gr tepung beras
  • 50 gr tepung terigu serbaguna

Bahan Kuah Serabi

  • 100 ml santan
  • 60 gr gula jawa
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 200 ml air
  • 2 helai daun pandan

Pembuatan Kue – Resep Serabi

adonan serabi
Adonan Serabi
  • Buat adonan dengan mencampurkan semua bahan lalu aduk hingga rata sampai tidak ada gumpalan.
  • Lalu, saring adonan dan diamkan adonan sampai 30 menit hingga 1 jam.
  • Siapkan teflon dan panaskan di kompor.
  • Tuangkan adonan serabi sekitar 1 sendok sayur dan adonan akan mengeluarkan gelembung.
  • Tunggu hingga permukaan bawah serabi kecoklatan dan angkat.

Pembuatan Kuah – Resep Serabi

kuah serabi
Kuah Serabi
  • Campur semua bahan sambil dipanaskan dalam wajan.
  • Aduk terus menerus hingga matang dan pastikan tidak ada yang menjadi gumpalan.
  • Tuang kuah ke mangkok terpisah untuk disajikan dengan serabi.

Mudah kan cara membuat kue serabi ini ?

Gak perlu susah susah nyari tukang jualan serabi kalo lagi kepengen banget ini. Soalnya kamu bisa buat sendiri kan dirumah?

Udah rasanya enak dan gampang juga dimasaknya, jadi tunggu apa lagi? yuk, coba buat serabi sendiri! Dan sajikan makanan ini untuk keluarga, teman dan pacar. Oh iya, bisa juga loh buat jualan atau sebagai takjil untuk berbuka puasa.

Pasti bagi kalian yang lagi mau baca artikel ini adalah penggemar kuliner Korea. Kalau kalian mau cobain jajanan jajanan Korea dan kebetulan tinggal di deket deket Kebayoran Baru Jakarta Selatan, gak ada salahnya untuk melipir ke Wijaya Mart untuk nyobain dan memburu snack Korea. Tapi, sebelum kamu mau kesana nyobain jajanan Korea, ada baiknya loh kamu tau info info menarik seputar makanan Korea halal yang ada disana kalau kamu seorang muslim.

Jajanan Korea
Jajanan Korea di K-Mart Jakarta

Saat kalian masuk ke dalam K-Mart ini, kalian bakal berasa di pasar swalayan yang ada di Korea karena produk produk yang dijual disini ialah produk Korea dan bahkan signage nya pun juga pakai tulisan dan berbahasa Korea. Kalau kalian liat liat pun pengunjung yang dateng ke K-Mart ini lebih dominan orang orang Korea nya. Selanjutnya, di bagian pojokkan pasar swalayan tersebut ada dapur dan tempat makan yang udah kayak di warteg. Tapi beda deng, klo disini kokinya itu masak makanan nya bener – bener diliatin sama pengunjung yg lagi makan disitu.

Singkat cerita, aku gak bisa makan apa apa disitu karena ternyata mereka juga jualan makanan non-halal nih guys. Aku mikirnya sih mereka gak mungkin bedain alat masaknya untuk masak makanan non- halal sama yang halal, begitu juga alat makannya. Karena ini di Indonesia dengan pilihan makanan halal yang banyak, Aku jadi merasa berdosa banget untuk nyobain ini makanan. Tapi, aku bisa jelasin gimana rasanya jajanan itu disini karena kebetulan temen aku ada yang non muslim dan dia nyobain topokki dan odengnya.

Jajanan Korea – Odeng

Jajanan Korea
Jajanan Korea Odeng

Untuk odeng ini, rasanya nyumms banget, apalagi kuah kaldu sapinya, bener bener berasa. Buat kalian yang gatau, odeng itu otak otak ikan dan odeng disini itu ditusuk kayak sate dan dicelupin ke kuah kaldu sapi. Untuk odeng ini harganya sendiri adalah 10.000 per biji.

Jajanan Korea – Topokki

Jajanan Korea
Jajanan Korea Topokki

Untuk topokkinya disini sih enak dan rasanya rada beda sama topokki yang biasa dijualin di kebanyakan restoran Korea yang ada di Indonesia. Nah, di dalem topokki ini ada telur rebus dan odeng nya juga loh. Untuk harganya sih sekitar 35.000 an dan menurut aku sih worth it yah karena porsinya juga lumayan. Bagi kalian yang suka rasa spicy tapi gak bisa makan pedes, kalian bisa banget nih cobain topokki ini.

Karena aku gak bisa makan jajanan Korea yang dijual disini, jadinya aku beli frozen food nya ajaa dan ada juga nih banyak ice cream yang bisa ku coba. Setelah itu aku liat liat lagi ke isi K-Mart ini dan beli beberapa snack yang menurut aku halal dan mungkin ini sebenernya juga bisa ditemuin di ranch market dan hero swalayan. Yah tapi karena aku udah laper mata jadi ku beli ajaa. Paling itu aja yang aku lakuin di K-Mart itu dan mungkin kapan kapan aku bakal review makanan Korea halal yang ada di daerah Jakarta ya! Dan pastinya selain Mujiage karena aku yakin kalian semua pasti udah pernah makan disitu.

Indonesia merupakan negara yang kaya akan hasil bumi. Negeri ini pernah menjadi primadona bagi para penjajah zaman dahulu. Magnet yang utama yang menarik yaitu rempah-rempah. Berbagai tanaman dapat tumbuh di tanah agraris ini. Salah satunya ialah kecombrang. Tanaman bunga dengan aroma khas ini sering dijadikan penyedap makanan di kalangan masyarakat. Kamu bisa beli kecombrang ini di pasar tradisional. Hanya saja keberadaan kecombrang udah mulai jarang banget jadinya terkadang perlu usaha ekstra untuk dapetinnya. Bagi kalian yang masih belum familiar sama kecombrang ada baiknya kalian coba resep cara masak cumi asin kecombrang.

Cara Masak Cumi Asin Kecombrang

Cumi asin tumis kecombrang akan jadi paduan yang pastinya bakal bikin kalian ketagihan. Gurihnya cumi ini di campur dengan wanginya kecombrang bikin kita ngga bisa berhenti menyantapnya. Cumi merupakan makanan laut yang tinggi protein, sedangkan kecombrang memiliki manfaat baik yang ngga kalah pentingnya. Beberapa manfaat kecombrang adalah meningkatkan kesehatan otak, menetralkan asam lambung, memperkuat gigi dan lain sebagainya. Konsumsi kecombrang juga dapat membantu kalian yang sedang berada dalam proses diet. Tanaman ini mengandung lemak yang dikit banget sehingga bisa cepat mengurangi berat badan kalian.

 

Bahan dan Cara Masak Cumi Asin Kecombrang

  • 200 gram cumi asin. Rendamlah dalam air hangat untuk menghilangkan kadar garam yang terkandung pada cumi
  • 100 g cabai rawit. Kamu juga bisa menggantinya dengan cabe merah apabila Kamu ngga suka pedas
  • 1 papan petai
  • 1 btg kecombrang, kamu dapat mengambil bagian yang muda, iris-iris
  • 2 siung bawang putih, iris halus
  • 4 siung bawang merah, iris halus
  • 1 btg daun bawang, iris 2 cm
  • 150 ml kaldu sapi
  • ½  sendok teh gula pasir
  • 3 sendok makan minyak goreng

Cara Masak Cumi Asin Kecombrang

Cara masak cumi asin kecombrang ini tergolong mudah. Kamu yang sibuk bekerja juga bisa mempraktekannya hanya dalam waktu singkat. Resep ini pun sangat flexibel, dapat di atur tingkat kepedasnya sehingga dapat dinikmati semua kalangan. Anak-anak juga bisa mengkonsumsi masakan ini loh! apalagi kecombrang ini punya manfaat untuk menurukan demam pada anak.

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, gunakan api kecil supaya ngga gosong dan tingkat kematangannya merata.
  • Setelah layu, masukan cumi asin terlebih dahulu. Kamu perlu mengaduknya biar rasa bawang nya meresap rata.
  • kemudian masukan kecombrang dan masak sampai layu. Kecombrang akan menghilangkan rasa amis pada cumi dan menimbulkan cita rasa unik yang berbeda. Namun jangan memasak kecombrang ini terlalu lama karena akan merusak kandungan gizi yang ada di dalamnya. Selain itu, tekstur kecombrang ini akan berubah menjadi keras apabila terlalu lama di masak.
  • Jika kalian ingin membuat masakan ini dengan sedikit kuah, kalian dapat menambahkan kaldu ayam di dalam tumisan cumi. Aduk kaldu hingga mendidih, habis itu masukan cabai rawat dan tumis hingga tercampur rata. Bagi kalian yang ngga kepengen masakan yang terlalu pedas, kamu bisa ganti cabai rawit dengan cabai merah atau cabai gendut.
  • Langkah terakhir cara masak cumi asin kecombrang yaitu untuk bikin cumi asin bumbu kecombrang ialah dengan cara menambahkan potongan pete dan daun bawang. Pete punya aroma khas yang banyak di gemari oleh lidah orang indonesia. Rasanya yang gurih juga cocok banget untuk di jadikan penyedap rasa berbagai jenis makanan.

Cumi asin bumbu kecombrang kamu udah siap dihidangkan nih. Selamat mencoba resep lezat ini dan pastikan keluarga, tetangga, maupun temen kamu udah bisa nikmatin resep khas nusantara yang satu ini nih.

Seiring dengan banyaknya orang India yang tinggal menetap di Indonesia, sehingga munculah bisnis – bisnis India di Indonesia, contohnya adalah bisnis kuliner.  Makanan khas India memang memiliki banyak rasa seperti makanan khas Indonesia, sehingga cocok dengan lidah orang Indonesia. Namun berbeda dengan Indonesia, masakan India lebih kaya akan rasa karinya dan nasi dari India pun berbentuk lebih panjang atau lonjong dibandingkan dengan nasi dari Indonesia. Menurutku pribadi sih masakan India enak – enak dan kalian pasti akan bilang enak juga kalau mencobanya. Apalagi bagi kalian yang suka susu, karena banyak makanan India yang pakai susu di masakannya.

Source: www.thespicehouse.com

Terus, apa aja sih makanan India yang recommended banget untuk dicoba ?

1. Biryani

Source: www.saveur.com

Terbuat dari apa: Beras ‘Brasmati’, rempah -rempah, sayuran atau daging.
Gimana rasanya: Gurih dan memiliki aroma rempah yang sangat tajam.

2. Idly Sambar

Source: www.pinterest.co.uk

Terbuat dari apa: Fermentasi kacang hitam dan nasi untuk kuenya, sayuran rebus untuk ‘Sambar’nya.
Gimana rasanya: ‘Sambar’-nya berasa pedas, ‘Idly’-nya berasa lembut.

3. Gulab Jaamun

Source: pixabay.com

Terbuat dari apa: Susu dan terigu untuk bolanya, sirup gula untuk kuahnya.
Gimana rasanya: Manis.

4. Rumali Roti

Source: cookingwithsweta.com

Terbuat dari apa: Tepung gandum, susu atau air, dan minyak.
Gimana rasanya: Tipis dan kenyal.

5. Paratha

Source: www.vegrecipesofindia.com

Terbuat dari apa: Terigu, mentega, telur dan air.
Gimana rasanya: Kenyal.

6. Kulfi

Source: www.archanaskitchen.com

Terbuat dari apa: Susu dan perasa.
Gimana rasanya: Manis dan dingin.

7. Ayam Tandoori

Source: glebekitchen.com

Terbuat dari apa: Ayam, garam masala, bawang putih, jahe, cabai, lada india, dan kunyit.
Gimana rasanya: Gurih (seperti kare), pedas dan lembut.

8. Dhokla

Source: www.novicehousewife.com

Terbuat dari apa: Buncis dan fermentasi beras.
Gimana rasanya: Gurih dan manis.

9. Jalebi

Source: amarujala.com

Terbuat dari apa: Terigu, sirup dan gula. 
Gimana rasanya: Manis.

10. Dosa

Source: www.hungryforever.com

Terbuat dari apa: Beras dan ‘urad dal’ (lentil hitam belah).
Gimana rasanya: Tipis dan renyah.

11. Butter Chicken

Source: www.bigoven.com

Terbuat dari apa: Ayam, bawang, garam, yogurt dan rempah – rempah.
Gimana rasanya: Gurih seperti kare.

12. Kati Roll

Source: tastykitchen.com

Terbuat dari apa: Daging, sayuran dan kulit kembang tahu.
Gimana rasanya: Asam, manis dan renyah.

Pisang merupakan salah satu buah yang sering kali dimasak dengan berbagai macam variasi. Selain rasanya yang enak, ternyata mengkonsumsi pisang juga banyak manfaatnya loh, seperti tinggi kalori, melancarkan pencernaan, sumber kalium dan potasium, kaya vitamin C, dan daging buah yang lembut. Kini pun banyak makanan kekinian yang menggunakan pisang sebagai bahan dasarnya, seperi pisang krispi, pie pisang, dan nugget pisang. Untuk kali ini, aku mau ngebahas tentang cara membuat nugget pisang yang setau aku udah mulai populer sekitar akhir tahun 2017.

source: https://myfave.com/jakarta/nugget-pisang-kiput-jati-asih-4pcs-nugget-pisang-1-additional-topping-14694

Apa saja bahan yang harus dikumpulkan untuk membuat nugget pisang ? 

Bahan nugget pisang

Bahan nugget pisang :

  • Pisang apa aja boleh
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 3 sendok makan tepung terigu
  • 1 sendok teh susu bubuk
  • 1/4 sendok teh vanili
  • 1 butir telur
  • 1/4 sendok teh garam
  • keju slice cheddar atau keju parut secukupnya

Bahan pelapis adonan

Bahan pelapis adonan pisang :

  • Tepung roti
  • Air
  • Tepung Terigu

Perlengkapan yang harus disiapkan :

  • Garpu
  • Loyang berbentuk kotak
  • Mixer tangan
  • Wadah untuk adonan
  • Panci kukus

Semua bahan sudah terkumpul, lalu apa saja yang harus dilakukan ?

  1. Lumatkan pisang sampai halus dengan garpu.
  2. Tambahkan masing – masing telur, gula pasir, garam, vanili, tepung terigu dan keju lalu aduk rata.
  3. Setelah adonan tercampur rata, masukkan kedalam loyang berebentuk kotak yang sudah dioleskan minyak.
  4. Taruh loyang kedalam panci, lalu kukus adonan hingga matang.
  5. Setelah matang, angkat dan tunggu hingga tidak panas lagi, lalu potong kotak adonan yang sudah matang itu.
  6. Untuk pelapisnya, aduk rata tepung terigu dan air secukupnya. Lalu siapkan tepung rotinya.
  7. Celupkan adonan matang nugget pisang ke air dan tepung yang sudah diaduk tadi, lalu gulingkan ke tepung roti.
  8. Goreng adonan nugget pisang yang sudah diberi pelapis hingga berwarna kuning keemasan.
  9. Setelah digoreng, beri topping diatas nugget pisang sesuai seleramu. Bahan yang bisa dipakai untuk topping yaitu susu kental manis, krim green tea, lelehan coklat, dan lain – lain.

Ternyata mudah juga yah masak nugget pisang sendiri di rumah. Daripada kamu beli nugget pisang diluar panas panasan, mending kamu bikin sendiri deh, mungkin aja lebih sesuai dengan selera kamu. I want to thank you for reading and keep reading happy readers!

Bagi kamu yang berencana untuk menetap atau pergi berlibur ke luar negeri, khususnya ke negara yang minoritas muslim, kamu harus berhati – hati dalam memilih makanan yang akan kamu makan. Karena, bisa jadi makanan itu haram hukumnya untuk dimakan. Lalu, bagaimana cara menghindari makanan dan minuman yang haram ? Caranya adalah kamu harus ingat – ingat lagi tentang aturan – aturan makanan yang halal untuk kita makan. Disini aku mau sebutin beberapa aturan tersebut. Jikalau ada beberapa hal yang terlupakan olehku untuk ditulis, mohon bantuannya untuk menambahkan di kolom komentar yah!

Berikut ini adalah beberapa kriteria makanan yang halal untuk dimakan :

1. Tidak Mengandung Babi

Bagi kalian yang suka makan cokelat, permen, marshmallow dan keripik kentang, harus berhati – hati nih. Karena kalau kamu beli semua makanan itu, bisa jadi mereka mengandung babi. Biasanya, babi dapat diolah menjadi gelatin, emulsifier (seperti E 476 dan sebagainya), choletsorol, glycerol, magnesium stearate, mono glycerides, pepsin, rennin, dan shortening. Aku sering banget nemu nih makanan yang berbahan gelatin di permen yang teksturnya kenyal seperti Haribo. Kalau mono glycerides ini pun juga sering ditemukan di cokelat, mentega dan bahkan di roti. Tapi, kalau kamu melihat ada label halal atau vegetarian di bungkus produknya, bisa dipastikan bahwa produk tersebut halal. Dan yang terakhir, jangan sekali – kali kamu beli makanan seperti beacon, ham, gammon dan sausage. Karena semua produk tersebut biasanya merupakan daging babi. Serta, pastikan juga bahwa makanan yang kamu makan tidak digoreng dengan minyak babi dan tidak pada tempat yang bersamaan dengan babi.

2. Hewan disembelih dengan nama allah

Pasti seringkali tidak pernah terpikirkan olehmu bahwa sapi, ayam dan kambing juga bisa menjadi makanan haram. Hal tersebut bisa saja terjadi kalau hewan tersebut tidak disembelih dengan cara islam. Bahkan, kebanyakan peternak di luar negeri, mematikan hewan ternak dengan cara moderen seperti menggunakan mesin automation. Mungkin tidak semua hewan yang kamu makan di Indonesia disembelih secara islam. Karena Indonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduk muslim, maka akan sangat sulit bagimu untuk membedakan hewan mana yang tidak disembelih secara islam. Namun, untuk negara dengan mayoritas penduduk non – muslim, sudah pasti mereka tidak akan menyembelih hewan ternak mereka secara islam. Bagi kamu yang ingin menetap di luar negeri, carilah toko atau restoran dengan logo halal jika ingin membeli daging halal. Karena akan sangat sulit sekali bagi kamu yang sudah terbiasa mengkonsumsi daging untuk menjauhinya.

3. Tidak mengandung alkohol

Tahukah kamu bahwa kebanyakan makanan dan minuman yang kita beli saat di luar negeri bisa saja mengandung alkohol? Percaya gak percaya, banyak loh makanan yang mengandung alkohol. Contohnya saja saus pasta yang seringkali dicampur dengan alkohol, begitu pula dengan makanan yang mengandung vanilla extract, serta daging pun juga banyak yang dibakar dengan alkohol loh. Hati -hati yah guys, jangan sampai kalian makan makanan yang mengandung alkohol. Alangkah lebih baiknya, kita make sure dulu sebelum membeli, apakah ada kandungan alkoholnya atau tidak.

4. Tidak mengandung darah

Kamu harus bisa bedakan nih antara darah beku dengan daging. Di beberapa negara, ada yang sebagian penduduknya mengkonsumsi serta menjual darah beku. Harga jualnya pun sangat murah. Jadi, jangan sampai kamu membeli darah beku saat kantong kering nih guys.

5. bukan binatang buas dan binatang yang menjijikan

Ular, singa, macan dan beruang merupakan binatang yang bertaring dan memakan daging, serta kalajengking, cacing dan larva merupakan hewan yang menjijikan. Akan sangat jarang sekali negara yang penduduknya memakan hewan tersebut. Namun, jangan sampai terlupakan oleh kalian yah bahwa binatang tersebut haram hukumnya untuk dimakan. Seperti jika kalian pergi ke Thailand, kalian bakalan nemuin kalajengking goreng yang dijual di gerobak bahkan di sepanjang jalan.

6. Bukan Hewan yang amfibi atau hidup di air dan daratan

Kalau kalian pergi ke Thailand (duh, sorry banget yah kalo Thailand lagi), pasti kalian bakalan nemuin kodok goreng dan kecebong goreng. Udah pasti banget nih guys kalau makanan tersebut haram. Mungkin kalian bakalan mengira kalau kecebong goreng itu ikan teri, karena bentuknya pun mirip banget, jadi jangan sampai ketuker yah guys! Ada baiknya bertanya sebelum membeli.

kesimpulan…

Mungkin kalian semua akan bertanya – tanya makanan apa yang bisa dimakan kalau hampir semua makanan haram. Kalau aku sih, bisa tiba – tiba jadi vegetarian dan seafood lover (but, I am truly a seafood lover) setiap ada di luar negeri. Kalo aku pengen banget daging, paling aku makan di resto yang berlabel halal atau gak masak sendiri dan dagingnya beli di toko halal. Untuk tips aja yah! kalau kamu perempuan muslim, lebih baik kamu pakai kerudung, karena selain menutup aurat itu bisa jadi signature buat kamu yang muslim. Aku sering banget diberi tahu orang kalau aku gak tahu bahwa makanan dan minuman yang mau konsumsi itu haram karena pakai jilbab. And that’s all from me, thank you for reading my article and keep reading happy readers!

Source : https://cookpad.com/id/resep/554958-seblak-basah-khas-bandung

 

Kalian semua pasti pernah makan makanan khas Bandung yang bernama seblak basah kan? Yups betul, makanan yang pedas itu loh! Jajanan ini bisa ditemukan gak hanya di Bandung, tapi juga ada di beberapa kota lainnya seperti Jakarta, Bekasi, Bogor, Tangerang, dan Depok. Seblak ini terbuat dari kerupuk mentah yang direndam dalam rebusan air mendidih dan kemudian disajikan dengan telur. Seiring berjalannya waktu, seblak sudah disajikan dengan banyak kreasi seperti seblak bakso, seblak ceker, seblak mie dan makaroni.

Bagi kamu yang ketagihan makan jajanan seblak basah, dari pada kamu harus bolak – balik jajan seblak basah ke luar rumah, kamu patut mencoba masak masakan ini sendiri nih di rumah. Cara memasak makanan enak ini juga gak susah – susah amat kok! Cukup baca panduan masak yang aku tulis ini, aku yakin banget deh kalau kalian semua pasti bisa!

Kalian cukup kumpulin bahan – bahan berikut ini :

  • Kerupuk aci mentah
  • 1 butir telur ayam
  • Air
  • Minyak goreng
  • Garam 1/8 sdt
  • 1 daun bawang
  • 1 seledri
  • Cabe rawit sesuai selera
  • Penyedap rasa ½ sdt
  • Bawang merah 2 siung
  • Bawang putih 2 siung
  • ¼ ruas kencur

Sebenernya sih kalian bisa aja cocokin takaran bahan mentah tersebut atau menambahkan dengan bahan lain sesuai dengan porsi dan selera kalian. Tapi, kalau kalian mau ikutin takaran diatas biar lebih aman juga boleh. Oke, kita lanjut aja untuk masak masak!

Langkah- langkah / cara membuat seblak basah :

  • Masukan dan rendamlah kerupuk ke air panas hingga tidak terlihat keras lagi, kamu bisa menambahkan minyak goreng agar kerupuk tidak lengket.
  • Iris tipis daun bawang dan seledri.
  • haluskan bawang merah, bawang putih, kencur, dan cabe rawit hingga halus dengan cobek atau food processor.
  • Tumis semua bumbu yang telah diiris tipis dan dihaluskan sampai menghasilkan aroma sedap.
  • Tuang air secukupnya dan tabur garam serta penyedap rasa sesuai takaran.
  • Kocok satu butir telur hingga merata lalu masukan kedalam campuran bahan ( kamu juga bisa tambahin bakso ataupun sosis kalau kamu suka).
  • Aduk terus semua bahan hingga kerupuk menjadi lembek dan air mulai menyusut.
  • Jika kerupuk sudah mulai lembek dan air mulai menyusut, angkat masakan kamu dan sajikan di piring atau mangkok.

Dan akhirnya, seblak basah udah bisa kamu makan. Ternyata mudah juga yah cara membuat seblak basah. Kamu bisa sharing seblak yang udah kamu masak sendiri ke orang terdekatmu atau malahan bisa kamu jual juga, kan lumayan, siapa tau laku. Makasih udah baca cara membuat seblak ini, semoga bisa sangat membantu kamu yah!