Category

Recipes

Category

Makan serabi pakai kuah yang rasanya manis itu pas lagi hujan ataupun pas pagi pagi pasti berasa seger banget gak tuh. Cuman belum tentu kan di kota kalian ada yang jual serabi ? Mendingan kamu coba bikin sendiri deh serabi nya siapa tau bisa jadi peluang bisnis di kota-mu. Kalo kamu udah tau resep serabi ini pastinya kamu akan lebih mudah untuk buat variasi serabi yang unik.

serabi kuah
Serabi Kuah

Eh sebentar dulu, apa kalian ada yang gak tau apa itu kue serabi ?

Okey kalau gitu akan aku jelasin dulu apa itu serabi. Jadi, ini itu adalah jajanan tradisional dari Indonesia yang terbuat dari tepung beras. Ada beberapa jenis serabi yaitu ada serabi yang dimakan pakai kuah dan ada juga yang hanya pakai topping saja dibagian atasnya.

Kali ini aku akan membahas gimana cara membuat serabi kuah yang bisa dibuat dengan menggunakan teflon saja.

Cara Membuat Serabi Kuah

Bahan Kue Serabi

  • 1 butir telur
  • 100 ml santan
  • 1/2 sendok teh fermipan
  • 1/2 sendok teh garam halus
  • 1 sendok teh baking powder
  • 100 ml air matang
  • 125 gr tepung beras
  • 50 gr tepung terigu serbaguna

Bahan Kuah Serabi

  • 100 ml santan
  • 60 gr gula jawa
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 200 ml air
  • 2 helai daun pandan

Pembuatan Kue – Resep Serabi

adonan serabi
Adonan Serabi
  • Buat adonan dengan mencampurkan semua bahan lalu aduk hingga rata sampai tidak ada gumpalan.
  • Lalu, saring adonan dan diamkan adonan sampai 30 menit hingga 1 jam.
  • Siapkan teflon dan panaskan di kompor.
  • Tuangkan adonan serabi sekitar 1 sendok sayur dan adonan akan mengeluarkan gelembung.
  • Tunggu hingga permukaan bawah serabi kecoklatan dan angkat.

Pembuatan Kuah – Resep Serabi

kuah serabi
Kuah Serabi
  • Campur semua bahan sambil dipanaskan dalam wajan.
  • Aduk terus menerus hingga matang dan pastikan tidak ada yang menjadi gumpalan.
  • Tuang kuah ke mangkok terpisah untuk disajikan dengan serabi.

Mudah kan cara membuat kue serabi ini ?

Gak perlu susah susah nyari tukang jualan serabi kalo lagi kepengen banget ini. Soalnya kamu bisa buat sendiri kan dirumah?

Udah rasanya enak dan gampang juga dimasaknya, jadi tunggu apa lagi? yuk, coba buat serabi sendiri! Dan sajikan makanan ini untuk keluarga, teman dan pacar. Oh iya, bisa juga loh buat jualan atau sebagai takjil untuk berbuka puasa.

Indonesia merupakan negara yang kaya akan hasil bumi. Negeri ini pernah menjadi primadona bagi para penjajah zaman dahulu. Magnet yang utama yang menarik yaitu rempah-rempah. Berbagai tanaman dapat tumbuh di tanah agraris ini. Salah satunya ialah kecombrang. Tanaman bunga dengan aroma khas ini sering dijadikan penyedap makanan di kalangan masyarakat. Kamu bisa beli kecombrang ini di pasar tradisional. Hanya saja keberadaan kecombrang udah mulai jarang banget jadinya terkadang perlu usaha ekstra untuk dapetinnya. Bagi kalian yang masih belum familiar sama kecombrang ada baiknya kalian coba resep cara masak cumi asin kecombrang.

Cara Masak Cumi Asin Kecombrang

Cumi asin tumis kecombrang akan jadi paduan yang pastinya bakal bikin kalian ketagihan. Gurihnya cumi ini di campur dengan wanginya kecombrang bikin kita ngga bisa berhenti menyantapnya. Cumi merupakan makanan laut yang tinggi protein, sedangkan kecombrang memiliki manfaat baik yang ngga kalah pentingnya. Beberapa manfaat kecombrang adalah meningkatkan kesehatan otak, menetralkan asam lambung, memperkuat gigi dan lain sebagainya. Konsumsi kecombrang juga dapat membantu kalian yang sedang berada dalam proses diet. Tanaman ini mengandung lemak yang dikit banget sehingga bisa cepat mengurangi berat badan kalian.

 

Bahan dan Cara Masak Cumi Asin Kecombrang

  • 200 gram cumi asin. Rendamlah dalam air hangat untuk menghilangkan kadar garam yang terkandung pada cumi
  • 100 g cabai rawit. Kamu juga bisa menggantinya dengan cabe merah apabila Kamu ngga suka pedas
  • 1 papan petai
  • 1 btg kecombrang, kamu dapat mengambil bagian yang muda, iris-iris
  • 2 siung bawang putih, iris halus
  • 4 siung bawang merah, iris halus
  • 1 btg daun bawang, iris 2 cm
  • 150 ml kaldu sapi
  • ½  sendok teh gula pasir
  • 3 sendok makan minyak goreng

Cara Masak Cumi Asin Kecombrang

Cara masak cumi asin kecombrang ini tergolong mudah. Kamu yang sibuk bekerja juga bisa mempraktekannya hanya dalam waktu singkat. Resep ini pun sangat flexibel, dapat di atur tingkat kepedasnya sehingga dapat dinikmati semua kalangan. Anak-anak juga bisa mengkonsumsi masakan ini loh! apalagi kecombrang ini punya manfaat untuk menurukan demam pada anak.

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, gunakan api kecil supaya ngga gosong dan tingkat kematangannya merata.
  • Setelah layu, masukan cumi asin terlebih dahulu. Kamu perlu mengaduknya biar rasa bawang nya meresap rata.
  • kemudian masukan kecombrang dan masak sampai layu. Kecombrang akan menghilangkan rasa amis pada cumi dan menimbulkan cita rasa unik yang berbeda. Namun jangan memasak kecombrang ini terlalu lama karena akan merusak kandungan gizi yang ada di dalamnya. Selain itu, tekstur kecombrang ini akan berubah menjadi keras apabila terlalu lama di masak.
  • Jika kalian ingin membuat masakan ini dengan sedikit kuah, kalian dapat menambahkan kaldu ayam di dalam tumisan cumi. Aduk kaldu hingga mendidih, habis itu masukan cabai rawat dan tumis hingga tercampur rata. Bagi kalian yang ngga kepengen masakan yang terlalu pedas, kamu bisa ganti cabai rawit dengan cabai merah atau cabai gendut.
  • Langkah terakhir cara masak cumi asin kecombrang yaitu untuk bikin cumi asin bumbu kecombrang ialah dengan cara menambahkan potongan pete dan daun bawang. Pete punya aroma khas yang banyak di gemari oleh lidah orang indonesia. Rasanya yang gurih juga cocok banget untuk di jadikan penyedap rasa berbagai jenis makanan.

Cumi asin bumbu kecombrang kamu udah siap dihidangkan nih. Selamat mencoba resep lezat ini dan pastikan keluarga, tetangga, maupun temen kamu udah bisa nikmatin resep khas nusantara yang satu ini nih.

Pisang merupakan salah satu buah yang sering kali dimasak dengan berbagai macam variasi. Selain rasanya yang enak, ternyata mengkonsumsi pisang juga banyak manfaatnya loh, seperti tinggi kalori, melancarkan pencernaan, sumber kalium dan potasium, kaya vitamin C, dan daging buah yang lembut. Kini pun banyak makanan kekinian yang menggunakan pisang sebagai bahan dasarnya, seperi pisang krispi, pie pisang, dan nugget pisang. Untuk kali ini, aku mau ngebahas tentang cara membuat nugget pisang yang setau aku udah mulai populer sekitar akhir tahun 2017.

source: https://myfave.com/jakarta/nugget-pisang-kiput-jati-asih-4pcs-nugget-pisang-1-additional-topping-14694

Apa saja bahan yang harus dikumpulkan untuk membuat nugget pisang ? 

Bahan nugget pisang

Bahan nugget pisang :

  • Pisang apa aja boleh
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 3 sendok makan tepung terigu
  • 1 sendok teh susu bubuk
  • 1/4 sendok teh vanili
  • 1 butir telur
  • 1/4 sendok teh garam
  • keju slice cheddar atau keju parut secukupnya

Bahan pelapis adonan

Bahan pelapis adonan pisang :

  • Tepung roti
  • Air
  • Tepung Terigu

Perlengkapan yang harus disiapkan :

  • Garpu
  • Loyang berbentuk kotak
  • Mixer tangan
  • Wadah untuk adonan
  • Panci kukus

Semua bahan sudah terkumpul, lalu apa saja yang harus dilakukan ?

  1. Lumatkan pisang sampai halus dengan garpu.
  2. Tambahkan masing – masing telur, gula pasir, garam, vanili, tepung terigu dan keju lalu aduk rata.
  3. Setelah adonan tercampur rata, masukkan kedalam loyang berebentuk kotak yang sudah dioleskan minyak.
  4. Taruh loyang kedalam panci, lalu kukus adonan hingga matang.
  5. Setelah matang, angkat dan tunggu hingga tidak panas lagi, lalu potong kotak adonan yang sudah matang itu.
  6. Untuk pelapisnya, aduk rata tepung terigu dan air secukupnya. Lalu siapkan tepung rotinya.
  7. Celupkan adonan matang nugget pisang ke air dan tepung yang sudah diaduk tadi, lalu gulingkan ke tepung roti.
  8. Goreng adonan nugget pisang yang sudah diberi pelapis hingga berwarna kuning keemasan.
  9. Setelah digoreng, beri topping diatas nugget pisang sesuai seleramu. Bahan yang bisa dipakai untuk topping yaitu susu kental manis, krim green tea, lelehan coklat, dan lain – lain.

Ternyata mudah juga yah masak nugget pisang sendiri di rumah. Daripada kamu beli nugget pisang diluar panas panasan, mending kamu bikin sendiri deh, mungkin aja lebih sesuai dengan selera kamu. I want to thank you for reading and keep reading happy readers!

Source : https://cookpad.com/id/resep/554958-seblak-basah-khas-bandung

 

Kalian semua pasti pernah makan makanan khas Bandung yang bernama seblak basah kan? Yups betul, makanan yang pedas itu loh! Jajanan ini bisa ditemukan gak hanya di Bandung, tapi juga ada di beberapa kota lainnya seperti Jakarta, Bekasi, Bogor, Tangerang, dan Depok. Seblak ini terbuat dari kerupuk mentah yang direndam dalam rebusan air mendidih dan kemudian disajikan dengan telur. Seiring berjalannya waktu, seblak sudah disajikan dengan banyak kreasi seperti seblak bakso, seblak ceker, seblak mie dan makaroni.

Bagi kamu yang ketagihan makan jajanan seblak basah, dari pada kamu harus bolak – balik jajan seblak basah ke luar rumah, kamu patut mencoba masak masakan ini sendiri nih di rumah. Cara memasak makanan enak ini juga gak susah – susah amat kok! Cukup baca panduan masak yang aku tulis ini, aku yakin banget deh kalau kalian semua pasti bisa!

Kalian cukup kumpulin bahan – bahan berikut ini :

  • Kerupuk aci mentah
  • 1 butir telur ayam
  • Air
  • Minyak goreng
  • Garam 1/8 sdt
  • 1 daun bawang
  • 1 seledri
  • Cabe rawit sesuai selera
  • Penyedap rasa ½ sdt
  • Bawang merah 2 siung
  • Bawang putih 2 siung
  • ¼ ruas kencur

Sebenernya sih kalian bisa aja cocokin takaran bahan mentah tersebut atau menambahkan dengan bahan lain sesuai dengan porsi dan selera kalian. Tapi, kalau kalian mau ikutin takaran diatas biar lebih aman juga boleh. Oke, kita lanjut aja untuk masak masak!

Langkah- langkah / cara membuat seblak basah :

  • Masukan dan rendamlah kerupuk ke air panas hingga tidak terlihat keras lagi, kamu bisa menambahkan minyak goreng agar kerupuk tidak lengket.
  • Iris tipis daun bawang dan seledri.
  • haluskan bawang merah, bawang putih, kencur, dan cabe rawit hingga halus dengan cobek atau food processor.
  • Tumis semua bumbu yang telah diiris tipis dan dihaluskan sampai menghasilkan aroma sedap.
  • Tuang air secukupnya dan tabur garam serta penyedap rasa sesuai takaran.
  • Kocok satu butir telur hingga merata lalu masukan kedalam campuran bahan ( kamu juga bisa tambahin bakso ataupun sosis kalau kamu suka).
  • Aduk terus semua bahan hingga kerupuk menjadi lembek dan air mulai menyusut.
  • Jika kerupuk sudah mulai lembek dan air mulai menyusut, angkat masakan kamu dan sajikan di piring atau mangkok.

Dan akhirnya, seblak basah udah bisa kamu makan. Ternyata mudah juga yah cara membuat seblak basah. Kamu bisa sharing seblak yang udah kamu masak sendiri ke orang terdekatmu atau malahan bisa kamu jual juga, kan lumayan, siapa tau laku. Makasih udah baca cara membuat seblak ini, semoga bisa sangat membantu kamu yah!