Category

Beauty

Category

manfaat tretinoin untuk kulit berjerawat

Jerawat sudah menjadi masalah bagi banyak orang di seluruh dunia. Menghilangkan jerawat pun bukan persoalan yang mudah, bahkan obat jerawat yang sudah sering kita pakai pun bisa menjadi tidak efektif sama sekali. Namun, tahukah kamu apa kandungan yang ada didalam obat jerawat mu itu? Kalau di kandungan obat jerawat mu itu ada kandungan tretinoinnya, maka obat jerawat mu itu seharusnya sudah efektif untuk menghilangkan jerawat. Karena tretinoin merupakan turunan dari vitamin A yang sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat dan sebagai anti-aging terbaik.

Tretinoin bertindak sebagai comedolytic yang dapat menghambat pembentukan komedo dan blemishes yang terjadi karena kelebihan minyak dan kotoran yang terjebak didalam pori – pori yang tersumbat. Selain itu, tretinoin juga dapat mencegah terbentuknya pori tersumbat, blackhead, dan jerawat. Ngga cuman bagus untuk perawatan jerawat, tapi kandungan ini juga bagus untuk area kulit yang rusak karena paparan sinar matahari, kerutan, hyperpigmentation, kulit berminyak dan kecerahan kulit. Walaupun sebaik itu manfaatnya, tapi ada jenis jerawat yang ngga bisa disembuhkan dengan tretinoin yaitu jerawat cystic.

Gimana cara kerja tretinoin ?

Tretinoin mempercepat pergantian sel kulit sehingga kulit menjadi bersih. Tretinoin akan mempercepat pertumbuhan kulit disekeliling pori -pori, sehingga akan membuat pori -pori yang terbuka terlihat lebih kecil. Dengan mengeksfoliasi kotoran yang ada di kulit wajah kita, tretinoin ini membantu pembentukan kolagen baru dan bahkan pembuluh darah baru. Makanya kandungan ini bisa mempercantik tampilan kulit. Selama eksfoliasi, tretinoin juga membuang kelebihan melanin ( pigmen yang memberi warna kulit ) sehingga menghilangkan warna tidak merata pada kulit karena hyperpigmentation ( kelebihan melanin yang menyebabkan warna di bekas jerawat menggelap ).

Gimana sih cara mengaplikasikan tretinoin ? 

Sebelum kamu memakai krim tretinoin, lebih baik kamu cuci tanganmu dulu dengan air hangat. Lalu, bersihkan kulit wajahmu dengan facial wash yang tidak berbusa atau kamu juga bisa pakai cleansing milk dan bioderma ( kalau aku pakainya cleansing milk ) trus kamu basahin lagi mukamu pakai air dan keringkan dengan handuk. Dengan pakai jari tangan kamu, aplikasikan krim ke wajah kamu tipis -tipis ke daerah yang bermasalah. Hati -hati ya kalau kamu mau aplikasiin krim ini ke seluruh kulit wajah kamu, karena krim ini bisa bikin kulit kamu yang normal kering banget. Krim ini cuman bisa dipakai saat malam hari karena sangat sensitif dengan cahaya, tapi bukan berarti kita harus mematikan lampu loh saat tidur, yang dimaksud adalah cahaya matahari. Karena pengaruh krim ini sangat kuat dan juga sangat sensitif dengan cahaya matahari, jadi kamu harus pakai sun screen dari pagi hingga sore. Aku rekomendasiin kalian untuk pakai sun screen Skin Aqua, soalnya kandungannya cocok sama pemakaian krim ini dan ngga bikin kulit berminyak seperti kebanyakan sun screen. Oh iya, setelah kamu olesin krim ini ke wajah kamu, kamu harus cuci tangan biar obatnya ngga bikin kulit tangan kamu jadi kering, soalnya aku pernah ngga cuci tangan dan kulit tangan aku kering banget.

Gimana hasil dari pemakaian tretinoin dan produk tretinoin apa yang recommended ?

Sebenernya sih untuk hasil pemakaiannya sendiri bisa dilihat hasil terbaiknya sekitar 3 – 6 bulan, tapi ini tergantung kondisi dan jenis kulit masing – masing yah. Kalau aku pribadi pertama pakai ini dapet efek purging, dari kulit aku yang cuman komedoan aja jadi keliatan beruntusan nanah banyak banget diseluruh muka di minggu kedua setelah pemakaian pertama selama satu setengah minggu. Tapi, karena kesabaran aku pakai krim ini, dan kepercayaan aku akan fungsi dan cara kerja krim ini, aku lanjutin pakai sampai akhirnya kulit aku bersih. Jadi, ternyata memang krim ini kerjanya mendorong sel kulit ke permukaan yang juga mendorong keluarnya bibit jerawat keluar dalam bentuk nanah. Untuk merek produk tretinoin yang aku pakai adalah vitacid dan kamu bisa beli ini di apotik mana aja. Kalau kamu mau coba merek lain ada juga yang bagus yaitu mediklin, cuman karena dia juga mengandung antibiotik, jadi aku lebih milih pakai vitacid karena takut kulit aku kering banget, soalnya kan udah kena tretinoin ditambah kena antibiotik juga, kebayang kan gimana kerasnya buat kulit. Selamat mencoba yah bagi yang tertarik untuk mencoba! dan maaf aku ngga bisa nampilin foto before after karena aku udah pakai obat ini dari lama banget dan aku ngga dokumentasiin juga. Uhm, I want thank you for reading this article! Keep reading happy readers! Hope this help your acne problem!

Membersihkan wajah itu sangat penting untuk kesehatan kulit, dan sabun aja gak cukup loh untuk bersihin kulit. Kita juga butuh exfoliator untuk menyingkirkan kulit mati dari wajah kita, agar dapat terhindar dari wajah kusam, pori – pori tersumbat serta jerawat. Salah satu exfoliator yang paling efektif yang merupakan manfaat Konjac sponge, yaitu spons alami pembersih wajah yang terbuat dari akar tanaman Konjac yang tumbuh di Asia. Konjac sponge sangat aman untuk membersihkan muka kamu dari kotoran, minyak berlebih, komedo, serta kulit kering. Tekstur dari spons ini sangat kenyal dan dapat meneyerap banyak air.

manfaat konjac sponge

Kamu harus banget pakai atau mencoba produk Konjac sponge ini, karena dia bisa membuat kulit kita lebih glowing dan mencegah timbulnya jerawat pada kulit kita. Spons ini tidak hanya dipakai di muka saja loh, tapi dia juga bisa dipakai di kulit badan kita. Manfaat lainnya, dia gak bikin kulit kita iritasi kalau dipake setiap hari, karena teksturnya yg gentle banget di kulit, dan ini juga bisa dipake untuk bersihin makeup kita apalagi kalau ditambahin coconut oil. Dan karena kulit yang flaky udah keangkat, makeup yang kamu apply ke muka kamu akan bertahan lebih lama dan lebih enak dipandang.

Cara pemakaian Konjac sponge :

  1. Karena awalnya Konjac sponge itu bentuknya kering dan keras, jadi pertama – tama spons ini harus dibasahkan terlebih dahulu dengan air hangat selama kurang lebih 15 menit untuk pemakaian pertama. Untuk pemakaian selanjutnya, bisa dibasahkan selama 1 atau 2 menit.
  2. Setelah itu, remas spons dengan kepalan tanganmu, kalau kamu mau, kamu bisa tambahin cleansing foam atau liquid.
  3. Gosokkan Konjac sponge ke mukamu dengan circular motions. Fokuskan ke daerah kulit yang kering dan banyak pori tersumbatnya. Hanya karena teksturnya yang lembut banget, kamu tidak perlu untuk menggosok secara kasar atau keras.
  4. Setelah selesai dipakai, bersihkan Konjac sponge dengan air dingin, lalu remas – remas hingga kering. Kamu juga bisa keringin spons ini pakai hair dryer ataupun kipas angin untuk perawatan spons yang maksimal.

Konjac sponge sendiri katanya dapat bertahan hingga kurang lebih 4 – 6 minggu setelah pemakaian pertama. Tapi, juga mungkin bisa bertahan lebih dari 2 bulan jika perawatan dan penyimpanan Konjac sponge dilakukan dengan baik. Konjac sponge harus dibiarkan kering selama tidak dipakai, maka dari itu tempat penyimpanannya pun tidak boleh lembab seperti didalam kamar mandi. Untuk mengeringkan Konjac sponge ini pun hanya boleh diremas, tidak boleh ditarik atau dililit – lilit.

Spons ini bisa kamu beli di berbagai marketplace dan bisa juga di Miniso ataupun apotik seperti Century, Watson, dan Guardian. Harganya pun sangat beragam, jikalau kamu beli spons yang keadaan awalnya basah, harganya bisa mencapai 90 ribu keatas, tapi kalau kamu beli spons yang keadaan awalnya kering, maka harganya akan lebih murah yaitu sekitar 30 ribu-an. Untuk dapat menerima manfaat konjac sponge ini pun juga bisa didapatkan dari berbagai macam bahan tambahannya seperti aloe vera, lemon, charcoal, dsb.