Archive

October 2018

Browsing

Olahraga merupakan gaya hidup sehat yang udah seharusnya kita tekunin. Dengan olahraga, kita akan dijauhkan dari segala macam penyakit yang mungkin aja menyerang kita. Berbagai macam penelitian telah berhasil membuktikan bahwa olahraga memiliki berbagai macam manfaat dan salah satu diantaranya yaitu menjaga berat badan dan mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh kita. Bagi kamu yang selama ini gak pernah olahraga, sekarang ini merupakan momen yang tepat untuk memulai gaya hidup yang lebih sehat. Olahraga kardio mengecilkan perut buncit merupakan salah satu manfaat yang diinginkan oleh setiap orang, khususnya wanita nih!

olahraga kardio
Olahraga Kardio

Manfaat Olahraga Kardio Mengecilkan Perut Buncit

Gak ada salahnya kalau kamu ingin mencoba olahraga ringan untuk menjaga kesehatan mu, baik yoga ataupun kardio sama aja baiknya. Ada juga nih olahraga kardio menekankan pada peningkatan ritme denyut jantung. Hal ini akan membuat oksigen yang masuk kedalam tubuh kita lebih mudah di distribusikan ke seluruh organ tubuh. Asupan oksigen yang cukup akan meningkatkan fungsi tiap organ menjadi lebih baik lagi. Selain itu, olahraga kardio membutuhkan banyak energi, sangat cocok untuk membakar kalori dalam tubuh kita semua. Lemak yang menumpuk dalam tubuh kita juga akan segera berkurang dengan metode  ini.

Untuk kalian yang punya masalah sama perut buncit mungkin aja kamu bisa mencoba olahraga jenis ini.  Dengan metode seperti ini, jantung akan bekerja lebih cepat sehingga si otot-ototnya ini akan menjadi semakin kuat. Lemak yang ada di dalam perut akan tersalur untuk memenuhi kebutuhan energinya. Walaupun udah cukup terbukti, olahraga kardio juga harus di imbangai dengan olahraga jenis lain, contohnya push up dan sit up. Menurut penelitian, lemak perut akan sulit dihilangkan dan membutuhkan olahraga khusus untuk membuat perut menjadi ramping. Inilah bukti bahwa olahraga kardio mengecilkan perut buncit.

Jenis Olahraga Kardio Mengecilkan Perut Buncit

Ada berbagai macam jenis olahraga kardio yang dapat kalian coba untuk mengecilkan perut.  Salah satunya yang bisa kamu coba ialah jalan kaki. Hal ini tentu sangat ringan untuk kita lakukan. Berjalan-jalan ke taman atau mall sambil manjain mata kita aja udah bisa bakar 300-400 kkl per jam nya loh! Jadi, kamu perlu jalan jalan setiap hari untuk hasil yang lebih maksimal. Jika udah terbiasa berjalan maka otot kaki akan lebih kuat dengan sendirinya, Kamu bisa nambahin intensitas olahraga kardio mu dengan jogging atau berlari sprint.

Untuk kalian yang gak suka olahraga lari, kalian coba deh olahraga air. Selain menyenangkan, renang  juga sangat cepat membakar lemak dalam tubuh. Soalnya renang itu dapat membakar sebesar 14kkl dalam satu menit. Jadi wajar aja kalau kamu sering ngerasa laper sehabis berenang karena banyaknya energi yang terbakar.

Satu lagi olahraga kardio yang gak bisa disepelein yaitu naik turun tangga. Aktivitas yang pastinya banyak oleh kita sering lakukan ini ternyata memiliki efek yang luar biasa dalam penurunan berat badan. Selain itu, naik turun tangga juga melatih otot panggul dan perut. Olahraga ini sebenernya sih bisa efektif bakar 400kkl kalau kamu lakukan dengan teratur.

Tapi jangan sembarangan melakukan olahraga kardio. Kesalahan dalam melakukan latihan justru malah akan meningkatkan berat badan kalian loh! Hal ini disebabkan karena hormon kortisol yang secara otomatis terbentuk saat anda berolahraga. Pastikan latihan yang kamu lakukan udah bener dan sesuai sama porsinya. Kamu juga bisa  nih mendukung program olahraga ini dengan mengatur pola makan, hindari minyak dan konsumsi makanan manis secukupnya. Keseimbangan antara olahraga dan pola makan ini akan jadi tolak ukur keberhasilan mu dalam mengurangi tumpukan lemak yang ada di dalam perut. Tadaaa! Dan akhirnya, olahraga kardio mengecilkan perut buncit bisa menjadi solusi.

It’s challenging, but you have to at least try to eat right and exercise.
-Joely Fisher-

Pasti bagi kalian yang lagi mau baca artikel ini adalah penggemar kuliner Korea. Kalau kalian mau cobain jajanan jajanan Korea dan kebetulan tinggal di deket deket Kebayoran Baru Jakarta Selatan, gak ada salahnya untuk melipir ke Wijaya Mart untuk nyobain dan memburu snack Korea. Tapi, sebelum kamu mau kesana nyobain jajanan Korea, ada baiknya loh kamu tau info info menarik seputar makanan Korea halal yang ada disana kalau kamu seorang muslim.

Jajanan Korea
Jajanan Korea di K-Mart Jakarta

Saat kalian masuk ke dalam K-Mart ini, kalian bakal berasa di pasar swalayan yang ada di Korea karena produk produk yang dijual disini ialah produk Korea dan bahkan signage nya pun juga pakai tulisan dan berbahasa Korea. Kalau kalian liat liat pun pengunjung yang dateng ke K-Mart ini lebih dominan orang orang Korea nya. Selanjutnya, di bagian pojokkan pasar swalayan tersebut ada dapur dan tempat makan yang udah kayak di warteg. Tapi beda deng, klo disini kokinya itu masak makanan nya bener – bener diliatin sama pengunjung yg lagi makan disitu.

Singkat cerita, aku gak bisa makan apa apa disitu karena ternyata mereka juga jualan makanan non-halal nih guys. Aku mikirnya sih mereka gak mungkin bedain alat masaknya untuk masak makanan non- halal sama yang halal, begitu juga alat makannya. Karena ini di Indonesia dengan pilihan makanan halal yang banyak, Aku jadi merasa berdosa banget untuk nyobain ini makanan. Tapi, aku bisa jelasin gimana rasanya jajanan itu disini karena kebetulan temen aku ada yang non muslim dan dia nyobain topokki dan odengnya.

Jajanan Korea – Odeng

Jajanan Korea
Jajanan Korea Odeng

Untuk odeng ini, rasanya nyumms banget, apalagi kuah kaldu sapinya, bener bener berasa. Buat kalian yang gatau, odeng itu otak otak ikan dan odeng disini itu ditusuk kayak sate dan dicelupin ke kuah kaldu sapi. Untuk odeng ini harganya sendiri adalah 10.000 per biji.

Jajanan Korea – Topokki

Jajanan Korea
Jajanan Korea Topokki

Untuk topokkinya disini sih enak dan rasanya rada beda sama topokki yang biasa dijualin di kebanyakan restoran Korea yang ada di Indonesia. Nah, di dalem topokki ini ada telur rebus dan odeng nya juga loh. Untuk harganya sih sekitar 35.000 an dan menurut aku sih worth it yah karena porsinya juga lumayan. Bagi kalian yang suka rasa spicy tapi gak bisa makan pedes, kalian bisa banget nih cobain topokki ini.

Karena aku gak bisa makan jajanan Korea yang dijual disini, jadinya aku beli frozen food nya ajaa dan ada juga nih banyak ice cream yang bisa ku coba. Setelah itu aku liat liat lagi ke isi K-Mart ini dan beli beberapa snack yang menurut aku halal dan mungkin ini sebenernya juga bisa ditemuin di ranch market dan hero swalayan. Yah tapi karena aku udah laper mata jadi ku beli ajaa. Paling itu aja yang aku lakuin di K-Mart itu dan mungkin kapan kapan aku bakal review makanan Korea halal yang ada di daerah Jakarta ya! Dan pastinya selain Mujiage karena aku yakin kalian semua pasti udah pernah makan disitu.

Ramuan cuka apel untuk diet bisa jadi solusi ampuh buat kamu. Pastinya setiap orang ingin berat badan yang ideal. Selain menarik untuk di pandang, berat badan yang ideal akan sangat membantu kamu dalam mengurangi resiko penyakit yang mungkin di timbulkan. Seperti yang kita ketahui kalau obesitas membawa dampak yang buruk pada kondisi fisik kita, contohnya meningkatkan resiko diabetes dan penyakit jantung. Hal ini tentu saja membuat kita berlomba-lomba menjaga berat badan supaya tetap stabil.

Namun diet terkadang sangat menyiksa bagi sebagian orang. Camilan lezat terkadang menjadi godaan terbesar yang selalu menggagalkan program diet kita. Rasa lapar terkadang bener bener sulit banget di lawan oleh mereka yang tidak terbiasa dengan pola diet sehat.  Oleh sebab itu, sangat diperlukan suplemen yang dapat membantu menurunkan rasa lapar. Dengan itu, kita akan lebih mudah mengurangi asupan kalori yang masuk kedalam tubuh kita. Salah satunya adalah cuka apel, cuka dari fermentasi buah apel ini akan membantu suksesnya program diet kita.

cuka apel untuk diet
Cuka Apel Untuk Diet

Cara Menggunakan Ramuan Cuka Apel untuk Diet

Bagi kalian yang sedang dalam proses mengurangi berat badan hendaknya memilih cuka apel yang asli. Soalnya sekarang ini banyak beredar cuka apel yang sudah banyak melalui proses penyaringan dan penyulingan. Cuka apel jenis ini difungsikan untuk menambah cita rasa makanan. Cuka apel yang tepat untuk program diet adalah cuka yang berasal dari sekali penyulingan buah apel utuh. kamu hanya cukup mengkonsumsi 2 sendok makan ramuan cuka apel untuk diet setiap hari untuk mendapatkan berat ideal mu loh! Tapi hati hati yah! Konsumsi yang berlebihan akan membawa efek negatif pada tubuh mu.

Selain itu, penting bagi kalian untuk memperhatikan porsi makan kalian. Cuka apel tidak akan bekerja dengan maksimal apabila jumlah kalori yang masuk dalam tubuh kita lebih besar dari 2000kkal. Kita tetap diharuskan untuk menjaga porsi makan kita supaya tidak melebihi batas. Cuka apel hanya berperan sebagai penekan nafsu makan, kita tidak akan merasa selalu lapar bila mengkonsumsi cuka ini. Hanya saja pembatasan kalori yang masuk tergantung dari kitanya yang ngejalanin.

Imbangi diet kamu dengan olahraga teratur. Olahraga sangat berpengaruh untuk membakar kalori dalam tubuh kamu sehingga berat badan ideal dapat segera di capai. Mulailah dengan olahraga ringan yang dapat dilakukan di rumah. kamu bisa juga pelajarin yoga, selain cocok untuk diet, yoga juga efektif dalam menangkal stress.

Efek Samping Ramuan Cuka Apel untuk Diet

Walaupun terbukti efektif untuk diet, sayangnya cuka apel memiliki beberapa kelemahan. Bagi kamu yang menderita penyakit maag disarankan untuk tidak mengkonsumsi cuka apel. Kadar asam yang tinggi akan menimbulkan turunnya PH dalam perncernaan mu. Asupan cuka apel juga akan membuat makanan sulit untuk dicerna yang berdampak pada penurunan fungsi lambung.

Cuka apel juga bisa menurunkan kadar kalium sehingga berpotensi menyebabkan pengeroposan tulang. Konsumsi dalam dosis besar atau berlebihan dapat menyebabkan berkurangnya mineral dalam darah. Tubuh kita akan kekurangan berbagai mineral yang sebenarnya sangat dibutuhkan. Makanya hal ini dapat menurunkan kepadatan tulang.

Oleh sebab itu, penting untuk kamu untuk mempertimbangkan bantuan dari si ramuan cuka apel untuk diet. Penurunan berat badan secara drastis juga akan berdampak pada kesehatan mu. Konsumsilah cuka apel dalam batas normal sehingga terhindar dari efek samping. Sebaiknya kamu melakukan diet secara alami dengan olahraga dan menjaga porsi makan. Memang terasa berat namun kamu akan terhindar dari berbagai dampak negatif yang mungkin timbul. Pilihlah makanan yang tepat seperti buah dan sayur untuk menjaga kalori kamu tetap terjaga! 

Madu Manuka memang saat ini lagi populer di kalangan masyarakat. Kandungannya terbukti dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Mulai dari jerawat yang mengganggu kecantikan hingga penyakit dalam seperti maag. Madu yang berasal dari kawasan New Zealand ini dihargai puluhan kali lipat lebih mahal dari madu biasa. Walaupun begitu, madu manuka untuk sakit maag tetap di minati masyarakat  karena khasiatnya.

Madu Manuka
Madu Manuka

Keunikan Madu Manuka untuk Sakit Maag

Salah satu yang jadi keistimewaan madu ini adalah proses pembuatannya. Madu ini merupakan madu monofloral (hanya dari satu bunga) yaitu dari sari bunga Manuka. Hal ini membuat madu manuka bebas dari polusi dan pestisida karena bunga manuka adalah bunga liar. Tanaman yang menjadi sumber madu ini banyak tumbuh di New Zealand di satu lokasi tertentu. Namun, untuk mendapatkan madu ini tergolong mudah, sebab distribusi ini sudah menembus pasar internasional.

Madu manuka yang dihasilkan petani lebah juga harus di uji terlebih dahulu sebelum diproses. Adapun senyawa yang perlu diperhatikan dalam pengujian ini adalah senyawa methylglyoxal (MGO) Pengujian MGO biasa dilakukan di laboratorium di New Zealand. Kandungan MGO dalam madu manuka dipercaya dapat melawan perkembangan bakteri sehingga cocok untuk penderita penyakit pencernaan.

Madu Manuka untuk Sakit Maag

Kandungan madu manuka yang bersifat anti bakteri ini sangat cocok digunakan untuk proses pengobatan sakit maag. Maag dan asam lambung merupakan penyakit yang sering kali menyiksa penderitanya. Penyakit ini disebabkan oleh banyak faktor salah satunya bakteri. Adapun bakteri yang terkandung dalam asam lambung yaitu Clostridium dan Helicobacter pylori (H-pylori). Bakteri ini menyebabkan luka di dalam lambung dan saluran pencernaan.

Menurut penelitian, si bakteri ini dapat di lawan dengan mengkonsumsi madu manuka secara rutin. Karena di dalam madu manuka terdapat kandungan methylglyoxal yang dapat melawan H.pylori. Bisa dipastikan asam lambung kamu akan segera berkurang dengan metode ini karena sudah teruji klinis. Selain itu madu manuka dengan konsentrasi mgo 400 bermanfaat sebagai penyeimbang sistem pencernaanmu. Minumlah sekiranya 1-2 sendok makan madu manuka untuk hasil yang maksimal.

Tips Membedakan Madu Manuka Asli dengan yang Palsu

Umumnya, madu manuka untuk sakit maag memiliki rating minimum yakni UMF5. Adapun ciri-ciri madu manuka yang asli yaitu:

  • Memiliki label UMF
  • Berasal dari New Zealand dengan dengan lisensi berlabel New Zealand pada kemasan
  • Memili rating UMF antara 5-16+
  • Memiliki nomor UMF dan nomor lisensi.

Jadi, kalau misalkan kalian menemukan madu manuka tanpa disertai lisensi dari New Zealand kemungkinan besar madu yang kalian miliki adalah palsu. Pastikan kamu mencermati madu manuka supaya tidak terkecoh dengan penawaran marketing. Bacalah petunjuk pada label madu yang akan kalian beli mulai dari kadar umf hingga nomor lisensi perusahaan New Zealand yang meng-ekspornya. Bagi kalian yang gemar berbelanja secara online juga bisa menanyakan detail produk pada pihak penjual supaya saling menguntungkan dan jelas.

Cermatlah dalam memilih produk madu manuka yang beredar di pasaran. Harga yang ditawarkan distributor sangat beragam. Bahkan, ada yang sampai mencapai jutaan rupiah, sangat jauh berbeda dengan madu lokal yang bisa ditebus dengan harga yang terjangkau. Kalian juga perlu menentukan peruntukan madu yang akan kalian beli.

Kalian bisa juga memilih madu manuka untuk terapi melawan menyakit, mengingat kandungan yang ada di dalam madu ini bisa 4x lebih besar dari madu lokal. Tapi tak ada salahnya kalian memilih madu lokal untuk konsumsi sehari-hari. Selain terjangkau, madu lokal juga tidak kalah menyehatkan. Tapi, tetap aja khasiat madu manuka untuk sakit maag bisa jadi solusi terbaik untuk kesehatan.

Aku tuh seneng banget sama yang namanya pergi ke pameran kecantikan, salah satunya yang baru aja ada dan kebetulan aku datengin adalah pameran cosmobeaute. Ini adalah pameran kecantikan internasional yang diselenggarakan setiap tahunnya di pameran JCC. Untuk masuk kesini tidak dikenakan biaya apapun melainkan hanya mengisi form pendaftaran aja. Di pameran ini ada beberapa produk kecantikan untuk dipamerkan seperti produk perawatan rambut, perawatan kulit, perawatan tubuh, makeup dan teknologi kecantikan. Produk produk yang dipamerkan adalah produk yang berasal dari Korea, Jepang, Taiwan, Arab dan Indonesia.

Cosmobeaute
Hall Pameran Cosmobeaute

Bagi kamu yang mau membuka usaha aku saranin banget deh untuk dateng ke pameran ini. Soalnya disana bakalan ada banyak banget bahan yang kamu butuhin untuk ngebuka usaha salon, spa dan klinik kecantikan. Kalau kamu mau buka usaha salon, disana dipamerkan beberapa alat creambath, alat potong rambut, shampo dan ada banyak perawatan rambut lainnya yang bisa banget nih untuk kamu beli murah serta dapet sampel salah satu produknya.

Selain itu, ada juga loh yang jual berbagai masker dan serum dalam jumlah besar. Kemaren sih aku liat ada tuh yang jual masker 1 kg harganya 999.000 Rupiah dan gak bisa dibeli kurang dari 1 kg. Dan emang itu tuh lapaknya emang jualan bahan untuk usaha klinik kecantikan. Tadinya aku mau beli tuh serumnya, satu paket dapet 10 deh kayaknya dan harganya aku udah lupa, cuman ternyata di serum ini tuh gak ada tutupnya jadi kayak cuman sekali pake gitu, yah emang buat perawatan sih di klinik gituuh.

Pertama kali aku dateng ke pameran Cosmobeaute ini aku tuh bener bener kalap banget, yang bener bener apa aja aku beli. Dan sampe rumah aku menyesal karena gak semua skin care yang aku beli kepake semua, karena emang aku tuh orangnya males klo harus pake produk perawatan gitu dulu. Tapi untuk yang kesekian kalinya ini aku udah bisa nahan perasaan ingin membeli sesuatu ituh. Jadi akhirnya aku gak boros dan total belanjaan ku pas dateng baru baru ini gak ada nyampe sejutaan.

Cosmobeaute
Belanjaan dari Pameran Cosmobeaute

Tuh kan belanjaan ku gak banyak kan kalo kalian liat di photo atas ini. Oh iya, di Cosmobeauty kali ini ada Produk Nacific juga dan dijual all items dengan harga Rp. 150.000 cuman sayang banget serum yang aku mau itu udah keabisan huhuhu. Tapi akhirnya aku tetep bisa beli produk nacific yang rose toner yang juga aku mauin banget. Selain beli beli, aku juga memburu produk sampel gratisan huehehe. Dan lumayan banget lohh dapet sampelnya yang bagus – bagus.

Yang aku suka di pameran ini tuh tempatnya luas dan dingin jadi gak desek desekan kayak di pasar, tau sendiri kan klo cewek lagi belanja seanarkis apaan. Dan yang enaknya lagi adalah selain bisa bayar cash atau pake debit, kita juga bisa transfer pake mobile banking lohh, bener bener zaman now banget deh ini. Yah gak enak nya paling karena didalem JCC gak ada yang jual minum dan makan jadi ku harus menahan lapar cukup lama karena males jalan ke kantin belakang JCC.

Kesimpulan …

Cosmobeaute
Cosmobeaute

Yah pokoknya dari semua pameran kecantikan yang diselenggarain di Indonesia, aku paling suka si Cosmobeaute ini dehh. Dan aku pastinya bakalan datang lagi di acara selanjutnya untuk dapetin promo promo produk korea yang mungkin bakal lebih banyak lagi huehehe. Untuk acara tahun ini aku ngerasa agak kurang banyak sih produk produk yang dipamerkan dan promonya kurang banyak kayak biasanya, yah tapinya aku tetep pengen ngebeli banyak produk sihsebenernya, untung aja udah bisa nahan. Aku rekomendasiin banget deh buat kalian yanng mau buat usaha kecantikan ataupun emang suka sama produk kecantikan Korea dan Jepang untuk datengin pameran ini soalnya worth it banget.

Indonesia merupakan negara yang kaya akan hasil bumi. Negeri ini pernah menjadi primadona bagi para penjajah zaman dahulu. Magnet yang utama yang menarik yaitu rempah-rempah. Berbagai tanaman dapat tumbuh di tanah agraris ini. Salah satunya ialah kecombrang. Tanaman bunga dengan aroma khas ini sering dijadikan penyedap makanan di kalangan masyarakat. Kamu bisa beli kecombrang ini di pasar tradisional. Hanya saja keberadaan kecombrang udah mulai jarang banget jadinya terkadang perlu usaha ekstra untuk dapetinnya. Bagi kalian yang masih belum familiar sama kecombrang ada baiknya kalian coba resep cara masak cumi asin kecombrang.

Cara Masak Cumi Asin Kecombrang

Cumi asin tumis kecombrang akan jadi paduan yang pastinya bakal bikin kalian ketagihan. Gurihnya cumi ini di campur dengan wanginya kecombrang bikin kita ngga bisa berhenti menyantapnya. Cumi merupakan makanan laut yang tinggi protein, sedangkan kecombrang memiliki manfaat baik yang ngga kalah pentingnya. Beberapa manfaat kecombrang adalah meningkatkan kesehatan otak, menetralkan asam lambung, memperkuat gigi dan lain sebagainya. Konsumsi kecombrang juga dapat membantu kalian yang sedang berada dalam proses diet. Tanaman ini mengandung lemak yang dikit banget sehingga bisa cepat mengurangi berat badan kalian.

 

Bahan dan Cara Masak Cumi Asin Kecombrang

  • 200 gram cumi asin. Rendamlah dalam air hangat untuk menghilangkan kadar garam yang terkandung pada cumi
  • 100 g cabai rawit. Kamu juga bisa menggantinya dengan cabe merah apabila Kamu ngga suka pedas
  • 1 papan petai
  • 1 btg kecombrang, kamu dapat mengambil bagian yang muda, iris-iris
  • 2 siung bawang putih, iris halus
  • 4 siung bawang merah, iris halus
  • 1 btg daun bawang, iris 2 cm
  • 150 ml kaldu sapi
  • ½  sendok teh gula pasir
  • 3 sendok makan minyak goreng

Cara Masak Cumi Asin Kecombrang

Cara masak cumi asin kecombrang ini tergolong mudah. Kamu yang sibuk bekerja juga bisa mempraktekannya hanya dalam waktu singkat. Resep ini pun sangat flexibel, dapat di atur tingkat kepedasnya sehingga dapat dinikmati semua kalangan. Anak-anak juga bisa mengkonsumsi masakan ini loh! apalagi kecombrang ini punya manfaat untuk menurukan demam pada anak.

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, gunakan api kecil supaya ngga gosong dan tingkat kematangannya merata.
  • Setelah layu, masukan cumi asin terlebih dahulu. Kamu perlu mengaduknya biar rasa bawang nya meresap rata.
  • kemudian masukan kecombrang dan masak sampai layu. Kecombrang akan menghilangkan rasa amis pada cumi dan menimbulkan cita rasa unik yang berbeda. Namun jangan memasak kecombrang ini terlalu lama karena akan merusak kandungan gizi yang ada di dalamnya. Selain itu, tekstur kecombrang ini akan berubah menjadi keras apabila terlalu lama di masak.
  • Jika kalian ingin membuat masakan ini dengan sedikit kuah, kalian dapat menambahkan kaldu ayam di dalam tumisan cumi. Aduk kaldu hingga mendidih, habis itu masukan cabai rawat dan tumis hingga tercampur rata. Bagi kalian yang ngga kepengen masakan yang terlalu pedas, kamu bisa ganti cabai rawit dengan cabai merah atau cabai gendut.
  • Langkah terakhir cara masak cumi asin kecombrang yaitu untuk bikin cumi asin bumbu kecombrang ialah dengan cara menambahkan potongan pete dan daun bawang. Pete punya aroma khas yang banyak di gemari oleh lidah orang indonesia. Rasanya yang gurih juga cocok banget untuk di jadikan penyedap rasa berbagai jenis makanan.

Cumi asin bumbu kecombrang kamu udah siap dihidangkan nih. Selamat mencoba resep lezat ini dan pastikan keluarga, tetangga, maupun temen kamu udah bisa nikmatin resep khas nusantara yang satu ini nih.