tahun 2018 in review
src: pexels.com

Tahun 2018 adalah tahun dimana aku memulai menulis di blog. Pada awalnya, aku gak suka sama yang namanya blogging, tapi pada bulan maret 2018 akhirnya aku mulai memberanikan diriku untuk membuat blog. Dengan bantuan temanku dan juga internet, aku belajar blog dari cara membuat domain, membeli hosting, install wordpress dan posting artikel. Dan lama kelamaan aku mulai suka dengan blogging entah mengapa.

Disaat aku menulis, sebenernya sih bukan hal yang sangat sulit buat aku, karena sebelumnya aku udah sering banget nulis semua pengalaman aku di sebuah buku diary sejak SD. Dan juga, aku udah hobi baca berbagai macam majalah dan buku sejak kecil (Yeah, I am a nerd), jadi aku tahu berbagai macam gaya bahasa. Untuk kesulitan sendiri sebenernya sih lebih ke males yah, soalnya setiap aku mau nulis rasanya seperti gak ada inspirasi padahal aku selalu kepikiran ide untuk konten blog aku.

Belajar blog
src: pexels.com

Awal – awal aku nulis tuh emang pengunjungnya masih sedikit banget kayak dalam sehari aja masih sekitar 1-10 pengunjung gitu dehh. Trus, makin lama dan banyak aku ngisi konten, akhirnya pengunjung unik aku meningkat hingga sekarang mencapai 150 lebih pengunjung. Yah, masih dikit sih emang, karena untuk bikin konten berkualitas itu pasti ada aja bisikan bisikan setan yang bikin aku tuh gak mau nulis wkwk. Padahal foto udah disiapin dan aku juga udah mikirin mau nulis gimana, tapi yah gitu gak kebuat buat.

Konten blog ku yang paling banyak dikunjungi dari awal sampai sekarang adalah yang tentang review sunscreen lalu juga review sabun muka himalaya. Sebenernya niche blog aku itu banyak ada beauty, food, dan kesehatan juga. Tapi, aku lebih banyak nulis soal masalah skincare karena pada tahun 2018 ini, emang fokus aku lagi ke skincare. Dan aku sampe kelupaan untuk nulis tentang review produk makeup yang pernah aku pake (padahal dari dulu udah pengen banget nulis tentang ini tapi ketunda mulu).

Sampai sekarang aku masih cari tau berbagai cara untuk optimasiin blog aku sembari aku nulisin dan nyiapin bahan buat konten. Karena semua tulisan yang aku tulis di blog aku adalah pengalaman pribadi aku, jadi gak mungkin juga lah kalau ditulisin orang lain. Mungkin kalau kalian baca tulisan – tulisan aku ada beberapa hal yang aku sangkut pautin sama hal – hal yang ilmiah, karena aku suka dan mungkin pembaca artikel aku juga suka.

Bikin blog itu banyak deh lika liku nya, kayak misalkan ada aja masalah sama websitenya lah atau tools analisanya. Contohnya aja nih, dulu web aku pernah gak bisa diakses sama sekali dashboardnya yang ngebuat aku gak bisa ngeposting sama sekali (mungkin bisa aja posting manual tapi beneran itu ribet banget). Sampe akhirnya aku belajar pindah hosting (walaupun gak pindah hosting pun sebenernya juga bisa) dari google dan youtube sampe akhirnya berhasil. Yah, walaupun sempet gagal karena ternyata gak bisa pakai database lama, jadi hanya aku ambil data yang penting aja menurut aku. Dan ini adalah salah satu pengalaman belajar blog ter deg degan soalnya takut blog ku gabisa balik lagi kayak semula wkwk.

Blog Review
src: pexels.com

Untuk tahun 2019 nanti, aku mau lebih gigih lagi dalam menciptakan konten yang berkualitas agar pembaca ku mau stay lama baca artikel ku sampai habis. Dan pastinya, aku akan optimalin blog aku biar pengunjung unik blog aku bisa terus bertambah sampai lebih dari 1000 pengunjung unik per-hari. Oh iya, dan sesungguhnya nulis blog ini juga udah ngurangin sifat pemalas aku karena mungkin ini hal baru yang aku suka dan aku harus capai semua goals yang udah aku tetapin.

Author

Write A Comment