Food

Cara membuat seblak basah khas Bandung di Rumah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Source : https://cookpad.com/id/resep/554958-seblak-basah-khas-bandung

 

Kalian semua pasti pernah makan makanan khas Bandung yang bernama seblak basah kan? Yups betul, makanan yang pedas itu loh! Jajanan ini bisa ditemukan gak hanya di Bandung, tapi juga ada di beberapa kota lainnya seperti Jakarta, Bekasi, Bogor, Tangerang, dan Depok. Seblak ini terbuat dari kerupuk mentah yang direndam dalam rebusan air mendidih dan kemudian disajikan dengan telur. Seiring berjalannya waktu, seblak sudah disajikan dengan banyak kreasi seperti seblak bakso, seblak ceker, seblak mie dan makaroni.

Bagi kamu yang ketagihan makan jajanan seblak basah, dari pada kamu harus bolak – balik jajan seblak basah ke luar rumah, kamu patut mencoba masak masakan ini sendiri nih di rumah. Cara memasak makanan enak ini juga gak susah – susah amat kok! Cukup baca panduan masak yang aku tulis ini, aku yakin banget deh kalau kalian semua pasti bisa!

Kalian cukup kumpulin bahan – bahan berikut ini :

  • Kerupuk aci mentah
  • 1 butir telur ayam
  • Air
  • Minyak goreng
  • Garam 1/8 sdt
  • 1 daun bawang
  • 1 seledri
  • Cabe rawit sesuai selera
  • Penyedap rasa ½ sdt
  • Bawang merah 2 siung
  • Bawang putih 2 siung
  • ¼ ruas kencur

Sebenernya sih kalian bisa aja cocokin takaran bahan mentah tersebut atau menambahkan dengan bahan lain sesuai dengan porsi dan selera kalian. Tapi, kalau kalian mau ikutin takaran diatas biar lebih aman juga boleh. Oke, kita lanjut aja untuk masak masak!

Langkah- langkah / cara membuat seblak basah :

  • Masukan dan rendamlah kerupuk ke air panas hingga tidak terlihat keras lagi, kamu bisa menambahkan minyak goreng agar kerupuk tidak lengket.
  • Iris tipis daun bawang dan seledri.
  • haluskan bawang merah, bawang putih, kencur, dan cabe rawit hingga halus dengan cobek atau food processor.
  • Tumis semua bumbu yang telah diiris tipis dan dihaluskan sampai menghasilkan aroma sedap.
  • Tuang air secukupnya dan tabur garam serta penyedap rasa sesuai takaran.
  • Kocok satu butir telur hingga merata lalu masukan kedalam campuran bahan ( kamu juga bisa tambahin bakso ataupun sosis kalau kamu suka).
  • Aduk terus semua bahan hingga kerupuk menjadi lembek dan air mulai menyusut.
  • Jika kerupuk sudah mulai lembek dan air mulai menyusut, angkat masakan kamu dan sajikan di piring atau mangkok.

Dan akhirnya, seblak basah udah bisa kamu makan. Ternyata mudah juga yah cara membuat seblak basah. Kamu bisa sharing seblak yang udah kamu masak sendiri ke orang terdekatmu atau malahan bisa kamu jual juga, kan lumayan, siapa tau laku. Makasih udah baca cara membuat seblak ini, semoga bisa sangat membantu kamu yah!

Author

Write A Comment