Health

Cara Memutihkan Gigi Dengan Arang, Ngefek Gak Ya?

Cara Memutihkan Gigi Dengan Arang, Ngefek Gak Ya?

Gigi kuning sudah menjadi masalah bagi kebanyakan orang. Hampir semua makanan yang kita semua makan bisa membuat gigi kita menjadi kuning. Warna gigi yang kuning terkadang bisa mengganggu penampilan kita, bahkan banyak dari kita yang memutihkan giginya ke dokter gigi. Biaya yang dikeluarkan untuk memutihkan gigi atau bleaching di dokter gigi pun lumayan mahal, yaitu sekitar Rp 520.000,00 -an. Dan pastinya, setelah kita melakukan bleaching gigi ke dokter gigi, lalu setelah itu kita makan makanan yang meninggalkan noda di gigi, maka gigi kita akan terlihat kuning lagi. Namun jangan khawatir, karena ternyata ada loh cara alami memutihkan gigi yaitu dengan menggunakan arang aktif.

Akhir akhir ini, arang aktif sedang menjadi tren di seluruh dunia, sebagai salah satu contohnya adalah tren memutihkan gigi dengan arang yang memang cukup viral di media sosial. Nah, untuk kali ini aku mau bahas nih riset aku tentang manfaat arang untuk memutihkan gigi, apakah hasilnya bagus atau malah ngga ngefek apa apa ke gigi kita dan malah membahayakan. Aku sudah banyak menonton di Youtube beberapa orang yang mencoba arang gigi sebagai pasta gigi. Disini aku bakal bahas tentang pengalaman mereka dari yang memuaskan sampe ke yang gak memuaskan. Tapi sebelumnya aku akan ngasih tau ke kalian dulu tentang bagaimana cara memutihkan gigi dengan arang aktif.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat pasta gigi arang :

Cara memutihkan gigi dengan arang

1. Bubuk arang (atau kalian bisa pakai Norit yang ditumbuk)
2. Pasta gigi (bisa dilewatkan)
3. Sikat gigi

Cara memutihkan gigi dengan arang aktif :
1. Siapkan bahan – bahan yang sudah ada, kalau perlu pakailah pakaian yang mudah dicuci bila terkena noda arang.
2. Bila ingin memakai pasta gigi, campurkan pasta gigi dengan bubuk arang aktif hingga teksturnya berubah jadi lebih creamy.
3. Bila tidak ingin memakai pasta gigi, celupkan sikat gigi ke air lalu ke bubuk arang aktif.
4. Sikat gigi dengan pasta gigi arang aktif tersebut ke gigi kalian selama 3 menit atau secukupnya, lalu kumur – kumur.
5. Bersihkan sisa – sisa arang yang masih tertinggal didalam mulut kalian.

Setelah melakukan step – step tersebut, biasanya pakaian kalian serta tempat kalian berada akan kotor dengan noda arang. Untuk membersihkan noda arang pun di baju maupun mulut kalian sendiri lumayan susah, maka dari itu aku menyarankan kalian untuk sikat gigi di kamar mandi dan mengenakan baju yang mudah dicuci. Aku sendiri sudah menonton beberapa review penggunaan pasta gigi arang ini dan akan membahas sedikit pengalaman empat youtuber yang telah mencoba metode ini untuk memutihkan gigi. Reaksi serta pendapat mereka pun berbeda – beda setelah melakukan ritual memutihkan gigi ini. Mari kita lihat satu – persatu!

Cara memutihkan gigi dengan arang
Youtuber yang me-review pasta gigi arang
  1. Maryam Hampton : Menurutnya, menggunakan arang untuk memutihkan gigi itu benar benar berguna dan katanya dia akan menyikat giginya dengan arang setiap hari.
  2. Chloe Coriolan : Setelah dia menyikat giginya menggunakan pasta gigi arang, si mbak ini gak ngerasain ada perbedaan yang terlihat pada giginya.
  3. Stella Cini : Katanya sih dia gak terlalu melihat perubahan yang significant, memang bikin giginya jadi lebih putih tapi gak kentara banget.
  4. Elko : Sama seperti Maryam Hampton, si mbak ini sangat puas dengan metode memutihkan gigi dengan arang, karena memang melihat perubahan pada giginya.

Pasti kalian semua bertanya – tanya kan ? Kenapa kok ke-empat youtuber tersebut punya reaksi yang berbeda – beda setelah menggunakan arang sebagai pasta gigi ?

Jawabannya sih kalau kata dokter – dokter gigi yang aku tonton di talkshow, katanya memang arang itu bersifat menyerap kotoran serta noda yang ada di gigi, namun noda yang dimaksud adalah noda yang sifatnya sementara, seperti noda yang muncul setelah kita makan makanan yang meninggalkan bekas noda di gigi seperti kunyit dan kopi. Makanya ada beberapa youtuber yang merasa puas dengan metode arang ini, karena mungkin penyebab gigi kuning mereka adalah noda makanan yang tertinggal. Manfaat arang memang bisa menyerap kotoran dan noda, akan tetapi arang juga bersifat keras dan kasar sehingga dapat merusak enamel gigi atau bagian terluar dari gigi.

Apa yang terjadi kalau enamel gigi kita dirusak atau terkikis oleh arang ?

Cara memutihkan gigi dengan arang

Seperti yang bisa kalian lihat dari gambar diatas, enamel merupakan bagian terluar dari gigi yang berwarna putih. Dibawah enamel ada dentin yang berwarna kuning sehingga kalau enamel gigi terkikis maka akan mengekspos bagian dentin dan itulah salah satu penyebab mengapa gigi bisa jadi kuning. Dan apabila enamel gigi sudah dirusak atau terkikis maka ia akan hilang selamanya, namun ada beberapa ilmuwan yang sudah menemukan cara untuk menumbuhkan enamel gigi. Penggunaan pasta gigi arang ini juga bahaya untuk gusi kalian loh! Karena sifatnya yg keras dan kasar, arang dapat membuat gusi berdarah.

Para dokter gigi pun tidak menganjurkan cara memutihkan gigi dengan arang ini. Menurut mereka, banyak pasien mereka yang datang dengan kasus yang sama dan akhirnya mereka menemukan bahwa pasien mereka menyikat giginya dengan arang. Biasanya, mereka yang menyikat giginya dengan arang, akan merasa puas setelah melihat giginya putih, setelah mereka mencoba lagi dan tidak menemukan perubahan, kebanyakan dari mereka malah menyikat giginya dengan arang terus menerus hingga gigi mereka terlihat putih di waktu yang sama namun tidak berhasil. Dari situlah enamel gigi mereka rusak dan gusi membengkak karena infeksi.

Memang benar, sikat gigi dengan arang akan memutihkan gigi dengan cepat secara alami apabila kalian punya noda makanan pada gigi kalian. Dengan menggunakan arang sebagai pasta gigi pun juga tidak membuat kita risih karena arang tidak ada rasanya. Maka dari itu, ada sebagian orang yang terlihat puas setelah menggunakan arang untuk memutihkan gigi untuk pertama kali dan ada juga yang malahan tidak melihat perubahan sama sekali. Setelah aku menemukan fakta bahwa memutihkan gigi dengan arang ini ber- bahaya, aku pun mengurungkan niat untuk pake cara ini.

Pro and Cons :

Pro : 

  • Tidak mempunyai rasa dan aroma.
  • Dapat menyerap noda makanan yang tertinggal di gigi.
  • Harganya murah.
  • Dapat dilakukan sendiri di rumah.

Cons :

  • Merusak lapisan enamel gigi.
  • Dapat mengekspos dentin sebagai penyebab gigi kuning.
  • Menyebabkan infeksi gusi sehingga bisa berdarah dan bengkak.
  • Setelah selesai menyikat gigi akan ada banyak noda berceceran dimana – mana.
  • Lumayan susah untuk membersihkan noda arang di mulut.

 

Topics #Kesehatan Gigi

Post Comment