Bagi kamu yang berencana untuk menetap atau pergi berlibur ke luar negeri, khususnya ke negara yang minoritas muslim, kamu harus berhati – hati dalam memilih makanan yang akan kamu makan. Karena, bisa jadi makanan itu haram hukumnya untuk dimakan. Lalu, bagaimana cara menghindari makanan dan minuman yang haram ? Caranya adalah kamu harus ingat – ingat lagi tentang aturan – aturan makanan yang halal untuk kita makan. Disini aku mau sebutin beberapa aturan tersebut. Jikalau ada beberapa hal yang terlupakan olehku untuk ditulis, mohon bantuannya untuk menambahkan di kolom komentar yah!

Berikut ini adalah beberapa kriteria makanan yang halal untuk dimakan :

1. Tidak Mengandung Babi

Bagi kalian yang suka makan cokelat, permen, marshmallow dan keripik kentang, harus berhati – hati nih. Karena kalau kamu beli semua makanan itu, bisa jadi mereka mengandung babi. Biasanya, babi dapat diolah menjadi gelatin, emulsifier (seperti E 476 dan sebagainya), choletsorol, glycerol, magnesium stearate, mono glycerides, pepsin, rennin, dan shortening. Aku sering banget nemu nih makanan yang berbahan gelatin di permen yang teksturnya kenyal seperti Haribo. Kalau mono glycerides ini pun juga sering ditemukan di cokelat, mentega dan bahkan di roti. Tapi, kalau kamu melihat ada label halal atau vegetarian di bungkus produknya, bisa dipastikan bahwa produk tersebut halal. Dan yang terakhir, jangan sekali – kali kamu beli makanan seperti beacon, ham, gammon dan sausage. Karena semua produk tersebut biasanya merupakan daging babi. Serta, pastikan juga bahwa makanan yang kamu makan tidak digoreng dengan minyak babi dan tidak pada tempat yang bersamaan dengan babi.

2. Hewan disembelih dengan nama allah

Pasti seringkali tidak pernah terpikirkan olehmu bahwa sapi, ayam dan kambing juga bisa menjadi makanan haram. Hal tersebut bisa saja terjadi kalau hewan tersebut tidak disembelih dengan cara islam. Bahkan, kebanyakan peternak di luar negeri, mematikan hewan ternak dengan cara moderen seperti menggunakan mesin automation. Mungkin tidak semua hewan yang kamu makan di Indonesia disembelih secara islam. Karena Indonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduk muslim, maka akan sangat sulit bagimu untuk membedakan hewan mana yang tidak disembelih secara islam. Namun, untuk negara dengan mayoritas penduduk non – muslim, sudah pasti mereka tidak akan menyembelih hewan ternak mereka secara islam. Bagi kamu yang ingin menetap di luar negeri, carilah toko atau restoran dengan logo halal jika ingin membeli daging halal. Karena akan sangat sulit sekali bagi kamu yang sudah terbiasa mengkonsumsi daging untuk menjauhinya.

3. Tidak mengandung alkohol

Tahukah kamu bahwa kebanyakan makanan dan minuman yang kita beli saat di luar negeri bisa saja mengandung alkohol? Percaya gak percaya, banyak loh makanan yang mengandung alkohol. Contohnya saja saus pasta yang seringkali dicampur dengan alkohol, begitu pula dengan makanan yang mengandung vanilla extract, serta daging pun juga banyak yang dibakar dengan alkohol loh. Hati -hati yah guys, jangan sampai kalian makan makanan yang mengandung alkohol. Alangkah lebih baiknya, kita make sure dulu sebelum membeli, apakah ada kandungan alkoholnya atau tidak.

4. Tidak mengandung darah

Kamu harus bisa bedakan nih antara darah beku dengan daging. Di beberapa negara, ada yang sebagian penduduknya mengkonsumsi serta menjual darah beku. Harga jualnya pun sangat murah. Jadi, jangan sampai kamu membeli darah beku saat kantong kering nih guys.

5. bukan binatang buas dan binatang yang menjijikan

Ular, singa, macan dan beruang merupakan binatang yang bertaring dan memakan daging, serta kalajengking, cacing dan larva merupakan hewan yang menjijikan. Akan sangat jarang sekali negara yang penduduknya memakan hewan tersebut. Namun, jangan sampai terlupakan oleh kalian yah bahwa binatang tersebut haram hukumnya untuk dimakan. Seperti jika kalian pergi ke Thailand, kalian bakalan nemuin kalajengking goreng yang dijual di gerobak bahkan di sepanjang jalan.

6. Bukan Hewan yang amfibi atau hidup di air dan daratan

Kalau kalian pergi ke Thailand (duh, sorry banget yah kalo Thailand lagi), pasti kalian bakalan nemuin kodok goreng dan kecebong goreng. Udah pasti banget nih guys kalau makanan tersebut haram. Mungkin kalian bakalan mengira kalau kecebong goreng itu ikan teri, karena bentuknya pun mirip banget, jadi jangan sampai ketuker yah guys! Ada baiknya bertanya sebelum membeli.

kesimpulan…

Mungkin kalian semua akan bertanya – tanya makanan apa yang bisa dimakan kalau hampir semua makanan haram. Kalau aku sih, bisa tiba – tiba jadi vegetarian dan seafood lover (but, I am truly a seafood lover) setiap ada di luar negeri. Kalo aku pengen banget daging, paling aku makan di resto yang berlabel halal atau gak masak sendiri dan dagingnya beli di toko halal. Untuk tips aja yah! kalau kamu perempuan muslim, lebih baik kamu pakai kerudung, karena selain menutup aurat itu bisa jadi signature buat kamu yang muslim. Aku sering banget diberi tahu orang kalau aku gak tahu bahwa makanan dan minuman yang mau konsumsi itu haram karena pakai jilbab. And that’s all from me, thank you for reading my article and keep reading happy readers!

Author

Write A Comment