Health

Flu Dapat Menyebabkan Gangguan Pendengaran ?

Flu Dapat Menyebabkan Gangguan Pendengaran ?

Influensa atau flu punya banyak gejala yang sangat kita ketahui yaitu demam, sakit kepala, pilek, sakit tenggorokan, batuk, dan kelelahan. Tapi, tahukah kamu kalau flu dapat mempengaruhi pendengaran kita? Orang yang terkena flu dapat mengalami gangguan pendengaran yang bisa terjadi sementara maupun permanen. Gangguan pendengaran di salah satu ataupun kedua telinga karena sakit flu, bisa berlangsung sementara atau permanen tergantung dari apa yang sedang terjadi pada telinga kamu selama flu. Tapi sayangnya, ketika kamu kena flu bakalan susah banget untuk menggambarkan apakah kondisinya akan membaik atau virusnya malah membuat kerusakan permanen pada suatu area di telinga.

Yuk, kita bahas kedua tipe gangguan pendengaran!

Tipe yang pertama itu adalah conductive hearing loss yang merupakan suatu hasil dari pemblokiran atau penyumbatan gelombang suara dari bagian dalam telinga. Kalau terjadi selama flu, berarti gangguan telinganya itu sama kayak anak kecil yang lagi ngalamin otitis media atau infeksi telinga bagian tengah atau congekan. Pada dasarnya, didalam telinga bagian tengah ada saluran yang bernama saluran eustachius. Saluran ini dapat tersumbat karena masalah sinus yang sebenernya udah umum kalau dikaitkan dengan flu. Kamu mungkin pernah merasakan rasanya saluran eustachius tersumbat saat naik pesawat. Itu bisa aja terjadi soalnya saluran eustachius itu mengatur tekanan udara di telinga bagian tengah. Saluran eustachius menyambungkan telinga bagian tengah dengan hidung dan tenggorokan. Jadi kamu bisa bayangkan gimana tumpukan cairan di hidung atau sinus bisa menyebabkan gangguan pada telinga. Pada tipe gangguan pendengaran ini, penyumbatan dan tekanan akan berkurang kalau produksi cairan lendirnya juga berkurang.

Lalu, untuk tipe yang kedua adalah sensorineural hearing loss yang merupakan kerusakan telinga bagian dalam ataupun saraf ataupun sel rambut yang menghantarkan sinyal suara ke otak. Sensorineural hearing loss ini merupakan salah satu kasus kehilangan pendengaran yang paling tak terduga dari kebanyakan kasus kehilangan pendengaran yang terjadi pada satu telinga atau kedua telinga yang terjadi selama 3 hari atau kurang dari itu. Sensorineural hearing loss yang terjadi saat flu merupakan pengaruh dari serangan virus pada bagian tertentu di telinga bagian dalam. Tipe gangguan pendengaran ini bisa dibilang sangat parah. Kalau kamu sakit flu, terus tiba – tiba pendengaran kamu hilang, untuk memulihkannya lagi, kamu harus pergi ke dokter THT secepat- cepatnya. Mungkin aja pendengaran kamu bisa disembuhkan pakai steroid. Dateng ke dokter THT mungkin bakalan jadi effort terakhir kamu untuk nyembuhin flu, tapi ini penting loh! Terkadang dokter umum ngga terlalu familiar sama Sensorineural hearing loss yang disebabkan oleh flu, dan mereka akan merasa bahwa gangguan pendengaran itu cuman sementara. Dalam kasus ini, orang yang dateng ke dokter umum itu akan menyadari bahwa gangguan telinga yang dideritanya adalah kerusakan permanen. Terlalu lama mengulur waktu untuk datang ke dokter THT dapat menyebabkan gangguan telinga permanen.

Aku pun selalu ngalamin gangguan pendengaran selama flu, dan memang betul cairan ataupun virus flu itu bisa ngerusak bagian dalam telinga kita. Hal yang aku rasakan saat itu adalah radang telinga dan kehilangan pendengaran pada salah satu telinga saja. Dan untungnya, telingaku bisa disembuhkan karena pertolongan yang cepat dari dokter THT. Kalau kamu sudah merasa ada keanehan dengan pendengaran kamu saat sakit flu, cepatlah ke dokter THT dan jangan ke dokter umum, karena dokter THT akan lebih tahu penanganan yang tepat.

 

Topics #Penyakit

Post Comment