Makan serabi pakai kuah yang rasanya manis itu pas lagi hujan ataupun pas pagi pagi pasti berasa seger banget gak tuh. Cuman belum tentu kan di kota kalian ada yang jual serabi ? Mendingan kamu coba bikin sendiri deh serabi nya siapa tau bisa jadi peluang bisnis di kota-mu. Kalo kamu udah tau resep serabi ini pastinya kamu akan lebih mudah untuk buat variasi serabi yang unik.

serabi kuah
Serabi Kuah

Eh sebentar dulu, apa kalian ada yang gak tau apa itu kue serabi ?

Okey kalau gitu akan aku jelasin dulu apa itu serabi. Jadi, ini itu adalah jajanan tradisional dari Indonesia yang terbuat dari tepung beras. Ada beberapa jenis serabi yaitu ada serabi yang dimakan pakai kuah dan ada juga yang hanya pakai topping saja dibagian atasnya.

Kali ini aku akan membahas gimana cara membuat serabi kuah yang bisa dibuat dengan menggunakan teflon saja.

Cara Membuat Serabi Kuah

Bahan Kue Serabi

  • 1 butir telur
  • 100 ml santan
  • 1/2 sendok teh fermipan
  • 1/2 sendok teh garam halus
  • 1 sendok teh baking powder
  • 100 ml air matang
  • 125 gr tepung beras
  • 50 gr tepung terigu serbaguna

Bahan Kuah Serabi

  • 100 ml santan
  • 60 gr gula jawa
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 200 ml air
  • 2 helai daun pandan

Pembuatan Kue – Resep Serabi

adonan serabi
Adonan Serabi
  • Buat adonan dengan mencampurkan semua bahan lalu aduk hingga rata sampai tidak ada gumpalan.
  • Lalu, saring adonan dan diamkan adonan sampai 30 menit hingga 1 jam.
  • Siapkan teflon dan panaskan di kompor.
  • Tuangkan adonan serabi sekitar 1 sendok sayur dan adonan akan mengeluarkan gelembung.
  • Tunggu hingga permukaan bawah serabi kecoklatan dan angkat.
Baca Ini  Yuk, Berburu Jajanan Korea di K-Mart Jakarta

Pembuatan Kuah – Resep Serabi

kuah serabi
Kuah Serabi
  • Campur semua bahan sambil dipanaskan dalam wajan.
  • Aduk terus menerus hingga matang dan pastikan tidak ada yang menjadi gumpalan.
  • Tuang kuah ke mangkok terpisah untuk disajikan dengan serabi.

Mudah kan cara membuat kue serabi ini ?

Gak perlu susah susah nyari tukang jualan serabi kalo lagi kepengen banget ini. Soalnya kamu bisa buat sendiri kan dirumah?

Udah rasanya enak dan gampang juga dimasaknya, jadi tunggu apa lagi? yuk, coba buat serabi sendiri! Dan sajikan makanan ini untuk keluarga, teman dan pacar. Oh iya, bisa juga loh buat jualan atau sebagai takjil untuk berbuka puasa.

Author

4 Comments

    • Febrinar Reply

      Yaaah emang mending beli sih hehehee, tapi kalau ada waktu luang gapapalah untuk iseng-iseng coba masak sendiri. 😉

  1. Yaampun baru kemarin ngiler pengen makan Serabi. ternyata resepnya cukup mudah ya buat sendiri 😀 makasih resepnya kak

Write A Comment