Madu Manuka memang saat ini lagi populer di kalangan masyarakat. Kandungannya terbukti dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Mulai dari jerawat yang mengganggu kecantikan hingga penyakit dalam seperti maag. Madu yang berasal dari kawasan New Zealand ini dihargai puluhan kali lipat lebih mahal dari madu biasa. Walaupun begitu, madu manuka untuk sakit maag tetap di minati masyarakat  karena khasiatnya.

Madu Manuka
Madu Manuka

Keunikan Madu Manuka untuk Sakit Maag

Salah satu yang jadi keistimewaan madu ini adalah proses pembuatannya. Madu ini merupakan madu monofloral (hanya dari satu bunga) yaitu dari sari bunga Manuka. Hal ini membuat madu manuka bebas dari polusi dan pestisida karena bunga manuka adalah bunga liar. Tanaman yang menjadi sumber madu ini banyak tumbuh di New Zealand di satu lokasi tertentu. Namun, untuk mendapatkan madu ini tergolong mudah, sebab distribusi ini sudah menembus pasar internasional.

Madu manuka yang dihasilkan petani lebah juga harus di uji terlebih dahulu sebelum diproses. Adapun senyawa yang perlu diperhatikan dalam pengujian ini adalah senyawa methylglyoxal (MGO) Pengujian MGO biasa dilakukan di laboratorium di New Zealand. Kandungan MGO dalam madu manuka dipercaya dapat melawan perkembangan bakteri sehingga cocok untuk penderita penyakit pencernaan.

Madu Manuka untuk Sakit Maag

Kandungan madu manuka yang bersifat anti bakteri ini sangat cocok digunakan untuk proses pengobatan sakit maag. Maag dan asam lambung merupakan penyakit yang sering kali menyiksa penderitanya. Penyakit ini disebabkan oleh banyak faktor salah satunya bakteri. Adapun bakteri yang terkandung dalam asam lambung yaitu Clostridium dan Helicobacter pylori (H-pylori). Bakteri ini menyebabkan luka di dalam lambung dan saluran pencernaan.

Menurut penelitian, si bakteri ini dapat di lawan dengan mengkonsumsi madu manuka secara rutin. Karena di dalam madu manuka terdapat kandungan methylglyoxal yang dapat melawan H.pylori. Bisa dipastikan asam lambung kamu akan segera berkurang dengan metode ini karena sudah teruji klinis. Selain itu madu manuka dengan konsentrasi mgo 400 bermanfaat sebagai penyeimbang sistem pencernaanmu. Minumlah sekiranya 1-2 sendok makan madu manuka untuk hasil yang maksimal.

Tips Membedakan Madu Manuka Asli dengan yang Palsu

Umumnya, madu manuka untuk sakit maag memiliki rating minimum yakni UMF5. Adapun ciri-ciri madu manuka yang asli yaitu:

  • Memiliki label UMF
  • Berasal dari New Zealand dengan dengan lisensi berlabel New Zealand pada kemasan
  • Memili rating UMF antara 5-16+
  • Memiliki nomor UMF dan nomor lisensi.

Jadi, kalau misalkan kalian menemukan madu manuka tanpa disertai lisensi dari New Zealand kemungkinan besar madu yang kalian miliki adalah palsu. Pastikan kamu mencermati madu manuka supaya tidak terkecoh dengan penawaran marketing. Bacalah petunjuk pada label madu yang akan kalian beli mulai dari kadar umf hingga nomor lisensi perusahaan New Zealand yang meng-ekspornya. Bagi kalian yang gemar berbelanja secara online juga bisa menanyakan detail produk pada pihak penjual supaya saling menguntungkan dan jelas.

Cermatlah dalam memilih produk madu manuka yang beredar di pasaran. Harga yang ditawarkan distributor sangat beragam. Bahkan, ada yang sampai mencapai jutaan rupiah, sangat jauh berbeda dengan madu lokal yang bisa ditebus dengan harga yang terjangkau. Kalian juga perlu menentukan peruntukan madu yang akan kalian beli.

Kalian bisa juga memilih madu manuka untuk terapi melawan menyakit, mengingat kandungan yang ada di dalam madu ini bisa 4x lebih besar dari madu lokal. Tapi tak ada salahnya kalian memilih madu lokal untuk konsumsi sehari-hari. Selain terjangkau, madu lokal juga tidak kalah menyehatkan. Tapi, tetap aja khasiat madu manuka untuk sakit maag bisa jadi solusi terbaik untuk kesehatan.

Author

Write A Comment