Tag

Manis

Browsing

Madu Manuka memang saat ini lagi populer di kalangan masyarakat. Kandungannya terbukti dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Mulai dari jerawat yang mengganggu kecantikan hingga penyakit dalam seperti maag. Madu yang berasal dari kawasan New Zealand ini dihargai puluhan kali lipat lebih mahal dari madu biasa. Walaupun begitu, madu manuka untuk sakit maag tetap di minati masyarakat  karena khasiatnya.

Madu Manuka
Madu Manuka

Keunikan Madu Manuka untuk Sakit Maag

Salah satu yang jadi keistimewaan madu ini adalah proses pembuatannya. Madu ini merupakan madu monofloral (hanya dari satu bunga) yaitu dari sari bunga Manuka. Hal ini membuat madu manuka bebas dari polusi dan pestisida karena bunga manuka adalah bunga liar. Tanaman yang menjadi sumber madu ini banyak tumbuh di New Zealand di satu lokasi tertentu. Namun, untuk mendapatkan madu ini tergolong mudah, sebab distribusi ini sudah menembus pasar internasional.

Madu manuka yang dihasilkan petani lebah juga harus di uji terlebih dahulu sebelum diproses. Adapun senyawa yang perlu diperhatikan dalam pengujian ini adalah senyawa methylglyoxal (MGO) Pengujian MGO biasa dilakukan di laboratorium di New Zealand. Kandungan MGO dalam madu manuka dipercaya dapat melawan perkembangan bakteri sehingga cocok untuk penderita penyakit pencernaan.

Madu Manuka untuk Sakit Maag

Kandungan madu manuka yang bersifat anti bakteri ini sangat cocok digunakan untuk proses pengobatan sakit maag. Maag dan asam lambung merupakan penyakit yang sering kali menyiksa penderitanya. Penyakit ini disebabkan oleh banyak faktor salah satunya bakteri. Adapun bakteri yang terkandung dalam asam lambung yaitu Clostridium dan Helicobacter pylori (H-pylori). Bakteri ini menyebabkan luka di dalam lambung dan saluran pencernaan.

Menurut penelitian, si bakteri ini dapat di lawan dengan mengkonsumsi madu manuka secara rutin. Karena di dalam madu manuka terdapat kandungan methylglyoxal yang dapat melawan H.pylori. Bisa dipastikan asam lambung kamu akan segera berkurang dengan metode ini karena sudah teruji klinis. Selain itu madu manuka dengan konsentrasi mgo 400 bermanfaat sebagai penyeimbang sistem pencernaanmu. Minumlah sekiranya 1-2 sendok makan madu manuka untuk hasil yang maksimal.

Tips Membedakan Madu Manuka Asli dengan yang Palsu

Umumnya, madu manuka untuk sakit maag memiliki rating minimum yakni UMF5. Adapun ciri-ciri madu manuka yang asli yaitu:

  • Memiliki label UMF
  • Berasal dari New Zealand dengan dengan lisensi berlabel New Zealand pada kemasan
  • Memili rating UMF antara 5-16+
  • Memiliki nomor UMF dan nomor lisensi.

Jadi, kalau misalkan kalian menemukan madu manuka tanpa disertai lisensi dari New Zealand kemungkinan besar madu yang kalian miliki adalah palsu. Pastikan kamu mencermati madu manuka supaya tidak terkecoh dengan penawaran marketing. Bacalah petunjuk pada label madu yang akan kalian beli mulai dari kadar umf hingga nomor lisensi perusahaan New Zealand yang meng-ekspornya. Bagi kalian yang gemar berbelanja secara online juga bisa menanyakan detail produk pada pihak penjual supaya saling menguntungkan dan jelas.

Cermatlah dalam memilih produk madu manuka yang beredar di pasaran. Harga yang ditawarkan distributor sangat beragam. Bahkan, ada yang sampai mencapai jutaan rupiah, sangat jauh berbeda dengan madu lokal yang bisa ditebus dengan harga yang terjangkau. Kalian juga perlu menentukan peruntukan madu yang akan kalian beli.

Kalian bisa juga memilih madu manuka untuk terapi melawan menyakit, mengingat kandungan yang ada di dalam madu ini bisa 4x lebih besar dari madu lokal. Tapi tak ada salahnya kalian memilih madu lokal untuk konsumsi sehari-hari. Selain terjangkau, madu lokal juga tidak kalah menyehatkan. Tapi, tetap aja khasiat madu manuka untuk sakit maag bisa jadi solusi terbaik untuk kesehatan.

Seiring dengan banyaknya orang India yang tinggal menetap di Indonesia, sehingga munculah bisnis – bisnis India di Indonesia, contohnya adalah bisnis kuliner.  Makanan khas India memang memiliki banyak rasa seperti makanan khas Indonesia, sehingga cocok dengan lidah orang Indonesia. Namun berbeda dengan Indonesia, masakan India lebih kaya akan rasa karinya dan nasi dari India pun berbentuk lebih panjang atau lonjong dibandingkan dengan nasi dari Indonesia. Menurutku pribadi sih masakan India enak – enak dan kalian pasti akan bilang enak juga kalau mencobanya. Apalagi bagi kalian yang suka susu, karena banyak makanan India yang pakai susu di masakannya.

Source: www.thespicehouse.com

Terus, apa aja sih makanan India yang recommended banget untuk dicoba ?

1. Biryani

Source: www.saveur.com

Terbuat dari apa: Beras ‘Brasmati’, rempah -rempah, sayuran atau daging.
Gimana rasanya: Gurih dan memiliki aroma rempah yang sangat tajam.

2. Idly Sambar

Source: www.pinterest.co.uk

Terbuat dari apa: Fermentasi kacang hitam dan nasi untuk kuenya, sayuran rebus untuk ‘Sambar’nya.
Gimana rasanya: ‘Sambar’-nya berasa pedas, ‘Idly’-nya berasa lembut.

3. Gulab Jaamun

Source: pixabay.com

Terbuat dari apa: Susu dan terigu untuk bolanya, sirup gula untuk kuahnya.
Gimana rasanya: Manis.

4. Rumali Roti

Source: cookingwithsweta.com

Terbuat dari apa: Tepung gandum, susu atau air, dan minyak.
Gimana rasanya: Tipis dan kenyal.

5. Paratha

Source: www.vegrecipesofindia.com

Terbuat dari apa: Terigu, mentega, telur dan air.
Gimana rasanya: Kenyal.

6. Kulfi

Source: www.archanaskitchen.com

Terbuat dari apa: Susu dan perasa.
Gimana rasanya: Manis dan dingin.

7. Ayam Tandoori

Source: glebekitchen.com

Terbuat dari apa: Ayam, garam masala, bawang putih, jahe, cabai, lada india, dan kunyit.
Gimana rasanya: Gurih (seperti kare), pedas dan lembut.

8. Dhokla

Source: www.novicehousewife.com

Terbuat dari apa: Buncis dan fermentasi beras.
Gimana rasanya: Gurih dan manis.

9. Jalebi

Source: amarujala.com

Terbuat dari apa: Terigu, sirup dan gula. 
Gimana rasanya: Manis.

10. Dosa

Source: www.hungryforever.com

Terbuat dari apa: Beras dan ‘urad dal’ (lentil hitam belah).
Gimana rasanya: Tipis dan renyah.

11. Butter Chicken

Source: www.bigoven.com

Terbuat dari apa: Ayam, bawang, garam, yogurt dan rempah – rempah.
Gimana rasanya: Gurih seperti kare.

12. Kati Roll

Source: tastykitchen.com

Terbuat dari apa: Daging, sayuran dan kulit kembang tahu.
Gimana rasanya: Asam, manis dan renyah.

Pisang merupakan salah satu buah yang sering kali dimasak dengan berbagai macam variasi. Selain rasanya yang enak, ternyata mengkonsumsi pisang juga banyak manfaatnya loh, seperti tinggi kalori, melancarkan pencernaan, sumber kalium dan potasium, kaya vitamin C, dan daging buah yang lembut. Kini pun banyak makanan kekinian yang menggunakan pisang sebagai bahan dasarnya, seperi pisang krispi, pie pisang, dan nugget pisang. Untuk kali ini, aku mau ngebahas tentang cara membuat nugget pisang yang setau aku udah mulai populer sekitar akhir tahun 2017.

source: https://myfave.com/jakarta/nugget-pisang-kiput-jati-asih-4pcs-nugget-pisang-1-additional-topping-14694

Apa saja bahan yang harus dikumpulkan untuk membuat nugget pisang ? 

Bahan nugget pisang

Bahan nugget pisang :

  • Pisang apa aja boleh
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 3 sendok makan tepung terigu
  • 1 sendok teh susu bubuk
  • 1/4 sendok teh vanili
  • 1 butir telur
  • 1/4 sendok teh garam
  • keju slice cheddar atau keju parut secukupnya
Bahan pelapis adonan

Bahan pelapis adonan pisang :

  • Tepung roti
  • Air
  • Tepung Terigu

Perlengkapan yang harus disiapkan :

  • Garpu
  • Loyang berbentuk kotak
  • Mixer tangan
  • Wadah untuk adonan
  • Panci kukus

Semua bahan sudah terkumpul, lalu apa saja yang harus dilakukan ?

  1. Lumatkan pisang sampai halus dengan garpu.
  2. Tambahkan masing – masing telur, gula pasir, garam, vanili, tepung terigu dan keju lalu aduk rata.
  3. Setelah adonan tercampur rata, masukkan kedalam loyang berebentuk kotak yang sudah dioleskan minyak.
  4. Taruh loyang kedalam panci, lalu kukus adonan hingga matang.
  5. Setelah matang, angkat dan tunggu hingga tidak panas lagi, lalu potong kotak adonan yang sudah matang itu.
  6. Untuk pelapisnya, aduk rata tepung terigu dan air secukupnya. Lalu siapkan tepung rotinya.
  7. Celupkan adonan matang nugget pisang ke air dan tepung yang sudah diaduk tadi, lalu gulingkan ke tepung roti.
  8. Goreng adonan nugget pisang yang sudah diberi pelapis hingga berwarna kuning keemasan.
  9. Setelah digoreng, beri topping diatas nugget pisang sesuai seleramu. Bahan yang bisa dipakai untuk topping yaitu susu kental manis, krim green tea, lelehan coklat, dan lain – lain.

Ternyata mudah juga yah masak nugget pisang sendiri di rumah. Daripada kamu beli nugget pisang diluar panas panasan, mending kamu bikin sendiri deh, mungkin aja lebih sesuai dengan selera kamu. I want to thank you for reading and keep reading happy readers!