Tag

Pedas

Browsing

Indonesia merupakan negara yang kaya akan hasil bumi. Negeri ini pernah menjadi primadona bagi para penjajah zaman dahulu. Magnet yang utama yang menarik yaitu rempah-rempah. Berbagai tanaman dapat tumbuh di tanah agraris ini. Salah satunya ialah kecombrang. Tanaman bunga dengan aroma khas ini sering dijadikan penyedap makanan di kalangan masyarakat. Kamu bisa beli kecombrang ini di pasar tradisional. Hanya saja keberadaan kecombrang udah mulai jarang banget jadinya terkadang perlu usaha ekstra untuk dapetinnya. Bagi kalian yang masih belum familiar sama kecombrang ada baiknya kalian coba resep cara masak cumi asin kecombrang.

Cara Masak Cumi Asin Kecombrang

Cumi asin tumis kecombrang akan jadi paduan yang pastinya bakal bikin kalian ketagihan. Gurihnya cumi ini di campur dengan wanginya kecombrang bikin kita ngga bisa berhenti menyantapnya. Cumi merupakan makanan laut yang tinggi protein, sedangkan kecombrang memiliki manfaat baik yang ngga kalah pentingnya. Beberapa manfaat kecombrang adalah meningkatkan kesehatan otak, menetralkan asam lambung, memperkuat gigi dan lain sebagainya. Konsumsi kecombrang juga dapat membantu kalian yang sedang berada dalam proses diet. Tanaman ini mengandung lemak yang dikit banget sehingga bisa cepat mengurangi berat badan kalian.

 

Bahan dan Cara Masak Cumi Asin Kecombrang

  • 200 gram cumi asin. Rendamlah dalam air hangat untuk menghilangkan kadar garam yang terkandung pada cumi
  • 100 g cabai rawit. Kamu juga bisa menggantinya dengan cabe merah apabila Kamu ngga suka pedas
  • 1 papan petai
  • 1 btg kecombrang, kamu dapat mengambil bagian yang muda, iris-iris
  • 2 siung bawang putih, iris halus
  • 4 siung bawang merah, iris halus
  • 1 btg daun bawang, iris 2 cm
  • 150 ml kaldu sapi
  • ½  sendok teh gula pasir
  • 3 sendok makan minyak goreng

Cara Masak Cumi Asin Kecombrang

Cara masak cumi asin kecombrang ini tergolong mudah. Kamu yang sibuk bekerja juga bisa mempraktekannya hanya dalam waktu singkat. Resep ini pun sangat flexibel, dapat di atur tingkat kepedasnya sehingga dapat dinikmati semua kalangan. Anak-anak juga bisa mengkonsumsi masakan ini loh! apalagi kecombrang ini punya manfaat untuk menurukan demam pada anak.

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, gunakan api kecil supaya ngga gosong dan tingkat kematangannya merata.
  • Setelah layu, masukan cumi asin terlebih dahulu. Kamu perlu mengaduknya biar rasa bawang nya meresap rata.
  • kemudian masukan kecombrang dan masak sampai layu. Kecombrang akan menghilangkan rasa amis pada cumi dan menimbulkan cita rasa unik yang berbeda. Namun jangan memasak kecombrang ini terlalu lama karena akan merusak kandungan gizi yang ada di dalamnya. Selain itu, tekstur kecombrang ini akan berubah menjadi keras apabila terlalu lama di masak.
  • Jika kalian ingin membuat masakan ini dengan sedikit kuah, kalian dapat menambahkan kaldu ayam di dalam tumisan cumi. Aduk kaldu hingga mendidih, habis itu masukan cabai rawat dan tumis hingga tercampur rata. Bagi kalian yang ngga kepengen masakan yang terlalu pedas, kamu bisa ganti cabai rawit dengan cabai merah atau cabai gendut.
  • Langkah terakhir cara masak cumi asin kecombrang yaitu untuk bikin cumi asin bumbu kecombrang ialah dengan cara menambahkan potongan pete dan daun bawang. Pete punya aroma khas yang banyak di gemari oleh lidah orang indonesia. Rasanya yang gurih juga cocok banget untuk di jadikan penyedap rasa berbagai jenis makanan.

Cumi asin bumbu kecombrang kamu udah siap dihidangkan nih. Selamat mencoba resep lezat ini dan pastikan keluarga, tetangga, maupun temen kamu udah bisa nikmatin resep khas nusantara yang satu ini nih.

Seiring dengan banyaknya orang India yang tinggal menetap di Indonesia, sehingga munculah bisnis – bisnis India di Indonesia, contohnya adalah bisnis kuliner.  Makanan khas India memang memiliki banyak rasa seperti makanan khas Indonesia, sehingga cocok dengan lidah orang Indonesia. Namun berbeda dengan Indonesia, masakan India lebih kaya akan rasa karinya dan nasi dari India pun berbentuk lebih panjang atau lonjong dibandingkan dengan nasi dari Indonesia. Menurutku pribadi sih masakan India enak – enak dan kalian pasti akan bilang enak juga kalau mencobanya. Apalagi bagi kalian yang suka susu, karena banyak makanan India yang pakai susu di masakannya.

Source: www.thespicehouse.com

Terus, apa aja sih makanan India yang recommended banget untuk dicoba ?

1. Biryani

Source: www.saveur.com

Terbuat dari apa: Beras ‘Brasmati’, rempah -rempah, sayuran atau daging.
Gimana rasanya: Gurih dan memiliki aroma rempah yang sangat tajam.

2. Idly Sambar

Source: www.pinterest.co.uk

Terbuat dari apa: Fermentasi kacang hitam dan nasi untuk kuenya, sayuran rebus untuk ‘Sambar’nya.
Gimana rasanya: ‘Sambar’-nya berasa pedas, ‘Idly’-nya berasa lembut.

3. Gulab Jaamun

Source: pixabay.com

Terbuat dari apa: Susu dan terigu untuk bolanya, sirup gula untuk kuahnya.
Gimana rasanya: Manis.

4. Rumali Roti

Source: cookingwithsweta.com

Terbuat dari apa: Tepung gandum, susu atau air, dan minyak.
Gimana rasanya: Tipis dan kenyal.

5. Paratha

Source: www.vegrecipesofindia.com

Terbuat dari apa: Terigu, mentega, telur dan air.
Gimana rasanya: Kenyal.

6. Kulfi

Source: www.archanaskitchen.com

Terbuat dari apa: Susu dan perasa.
Gimana rasanya: Manis dan dingin.

7. Ayam Tandoori

Source: glebekitchen.com

Terbuat dari apa: Ayam, garam masala, bawang putih, jahe, cabai, lada india, dan kunyit.
Gimana rasanya: Gurih (seperti kare), pedas dan lembut.

8. Dhokla

Source: www.novicehousewife.com

Terbuat dari apa: Buncis dan fermentasi beras.
Gimana rasanya: Gurih dan manis.

9. Jalebi

Source: amarujala.com

Terbuat dari apa: Terigu, sirup dan gula. 
Gimana rasanya: Manis.

10. Dosa

Source: www.hungryforever.com

Terbuat dari apa: Beras dan ‘urad dal’ (lentil hitam belah).
Gimana rasanya: Tipis dan renyah.

11. Butter Chicken

Source: www.bigoven.com

Terbuat dari apa: Ayam, bawang, garam, yogurt dan rempah – rempah.
Gimana rasanya: Gurih seperti kare.

12. Kati Roll

Source: tastykitchen.com

Terbuat dari apa: Daging, sayuran dan kulit kembang tahu.
Gimana rasanya: Asam, manis dan renyah.

Source : https://cookpad.com/id/resep/554958-seblak-basah-khas-bandung

 

Kalian semua pasti pernah makan makanan khas Bandung yang bernama seblak basah kan? Yups betul, makanan yang pedas itu loh! Jajanan ini bisa ditemukan gak hanya di Bandung, tapi juga ada di beberapa kota lainnya seperti Jakarta, Bekasi, Bogor, Tangerang, dan Depok. Seblak ini terbuat dari kerupuk mentah yang direndam dalam rebusan air mendidih dan kemudian disajikan dengan telur. Seiring berjalannya waktu, seblak sudah disajikan dengan banyak kreasi seperti seblak bakso, seblak ceker, seblak mie dan makaroni.

Bagi kamu yang ketagihan makan jajanan seblak basah, dari pada kamu harus bolak – balik jajan seblak basah ke luar rumah, kamu patut mencoba masak masakan ini sendiri nih di rumah. Cara memasak makanan enak ini juga gak susah – susah amat kok! Cukup baca panduan masak yang aku tulis ini, aku yakin banget deh kalau kalian semua pasti bisa!

Kalian cukup kumpulin bahan – bahan berikut ini :

  • Kerupuk aci mentah
  • 1 butir telur ayam
  • Air
  • Minyak goreng
  • Garam 1/8 sdt
  • 1 daun bawang
  • 1 seledri
  • Cabe rawit sesuai selera
  • Penyedap rasa ½ sdt
  • Bawang merah 2 siung
  • Bawang putih 2 siung
  • ¼ ruas kencur

Sebenernya sih kalian bisa aja cocokin takaran bahan mentah tersebut atau menambahkan dengan bahan lain sesuai dengan porsi dan selera kalian. Tapi, kalau kalian mau ikutin takaran diatas biar lebih aman juga boleh. Oke, kita lanjut aja untuk masak masak!

Langkah- langkah / cara membuat seblak basah :

  • Masukan dan rendamlah kerupuk ke air panas hingga tidak terlihat keras lagi, kamu bisa menambahkan minyak goreng agar kerupuk tidak lengket.
  • Iris tipis daun bawang dan seledri.
  • haluskan bawang merah, bawang putih, kencur, dan cabe rawit hingga halus dengan cobek atau food processor.
  • Tumis semua bumbu yang telah diiris tipis dan dihaluskan sampai menghasilkan aroma sedap.
  • Tuang air secukupnya dan tabur garam serta penyedap rasa sesuai takaran.
  • Kocok satu butir telur hingga merata lalu masukan kedalam campuran bahan ( kamu juga bisa tambahin bakso ataupun sosis kalau kamu suka).
  • Aduk terus semua bahan hingga kerupuk menjadi lembek dan air mulai menyusut.
  • Jika kerupuk sudah mulai lembek dan air mulai menyusut, angkat masakan kamu dan sajikan di piring atau mangkok.

Dan akhirnya, seblak basah udah bisa kamu makan. Ternyata mudah juga yah cara membuat seblak basah. Kamu bisa sharing seblak yang udah kamu masak sendiri ke orang terdekatmu atau malahan bisa kamu jual juga, kan lumayan, siapa tau laku. Makasih udah baca cara membuat seblak ini, semoga bisa sangat membantu kamu yah!