Tag

Penyakit

Browsing

Madu Manuka memang saat ini lagi populer di kalangan masyarakat. Kandungannya terbukti dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Mulai dari jerawat yang mengganggu kecantikan hingga penyakit dalam seperti maag. Madu yang berasal dari kawasan New Zealand ini dihargai puluhan kali lipat lebih mahal dari madu biasa. Walaupun begitu, madu manuka untuk sakit maag tetap di minati masyarakat  karena khasiatnya.

Madu Manuka
Madu Manuka

Keunikan Madu Manuka untuk Sakit Maag

Salah satu yang jadi keistimewaan madu ini adalah proses pembuatannya. Madu ini merupakan madu monofloral (hanya dari satu bunga) yaitu dari sari bunga Manuka. Hal ini membuat madu manuka bebas dari polusi dan pestisida karena bunga manuka adalah bunga liar. Tanaman yang menjadi sumber madu ini banyak tumbuh di New Zealand di satu lokasi tertentu. Namun, untuk mendapatkan madu ini tergolong mudah, sebab distribusi ini sudah menembus pasar internasional.

Madu manuka yang dihasilkan petani lebah juga harus di uji terlebih dahulu sebelum diproses. Adapun senyawa yang perlu diperhatikan dalam pengujian ini adalah senyawa methylglyoxal (MGO) Pengujian MGO biasa dilakukan di laboratorium di New Zealand. Kandungan MGO dalam madu manuka dipercaya dapat melawan perkembangan bakteri sehingga cocok untuk penderita penyakit pencernaan.

Madu Manuka untuk Sakit Maag

Kandungan madu manuka yang bersifat anti bakteri ini sangat cocok digunakan untuk proses pengobatan sakit maag. Maag dan asam lambung merupakan penyakit yang sering kali menyiksa penderitanya. Penyakit ini disebabkan oleh banyak faktor salah satunya bakteri. Adapun bakteri yang terkandung dalam asam lambung yaitu Clostridium dan Helicobacter pylori (H-pylori). Bakteri ini menyebabkan luka di dalam lambung dan saluran pencernaan.

Menurut penelitian, si bakteri ini dapat di lawan dengan mengkonsumsi madu manuka secara rutin. Karena di dalam madu manuka terdapat kandungan methylglyoxal yang dapat melawan H.pylori. Bisa dipastikan asam lambung kamu akan segera berkurang dengan metode ini karena sudah teruji klinis. Selain itu madu manuka dengan konsentrasi mgo 400 bermanfaat sebagai penyeimbang sistem pencernaanmu. Minumlah sekiranya 1-2 sendok makan madu manuka untuk hasil yang maksimal.

Tips Membedakan Madu Manuka Asli dengan yang Palsu

Umumnya, madu manuka untuk sakit maag memiliki rating minimum yakni UMF5. Adapun ciri-ciri madu manuka yang asli yaitu:

  • Memiliki label UMF
  • Berasal dari New Zealand dengan dengan lisensi berlabel New Zealand pada kemasan
  • Memili rating UMF antara 5-16+
  • Memiliki nomor UMF dan nomor lisensi.

Jadi, kalau misalkan kalian menemukan madu manuka tanpa disertai lisensi dari New Zealand kemungkinan besar madu yang kalian miliki adalah palsu. Pastikan kamu mencermati madu manuka supaya tidak terkecoh dengan penawaran marketing. Bacalah petunjuk pada label madu yang akan kalian beli mulai dari kadar umf hingga nomor lisensi perusahaan New Zealand yang meng-ekspornya. Bagi kalian yang gemar berbelanja secara online juga bisa menanyakan detail produk pada pihak penjual supaya saling menguntungkan dan jelas.

Cermatlah dalam memilih produk madu manuka yang beredar di pasaran. Harga yang ditawarkan distributor sangat beragam. Bahkan, ada yang sampai mencapai jutaan rupiah, sangat jauh berbeda dengan madu lokal yang bisa ditebus dengan harga yang terjangkau. Kalian juga perlu menentukan peruntukan madu yang akan kalian beli.

Kalian bisa juga memilih madu manuka untuk terapi melawan menyakit, mengingat kandungan yang ada di dalam madu ini bisa 4x lebih besar dari madu lokal. Tapi tak ada salahnya kalian memilih madu lokal untuk konsumsi sehari-hari. Selain terjangkau, madu lokal juga tidak kalah menyehatkan. Tapi, tetap aja khasiat madu manuka untuk sakit maag bisa jadi solusi terbaik untuk kesehatan.

Banyak sekali orang yang melewatkan untuk memakan buah setiap harinya. Padahal semua buah itu layak untuk dikonsumsi demi memenuhi kecukupan gizi. Begitu pula dengan aku yang juga sering melewatkan memakan buah. Bukan karena tidak suka, hanya saja karena malas dan tidak pernah kepikiran untuk memakannya. Sering banget aku terkena penyakit dan dehidrasi karena kekeringan. Pernah beberapa kali aku pergi ke dokter untuk penyakit tht, paru, dan kulit, mereka semua selalu menyarankan aku untuk banyak memakan buah yang ber vitamin c. Melihat dari kondisi aku sendiri yang sudah bisa terlihat dengan telanjang mata. Kulit aku itu keliatan banget kalo kering, bibir aku juga kering, dan mulut pun juga sariawan.

Aku pernah sesekali tinggal di Jerman dan dengan tingkat kelembapan yang lebih rendah daripada di Indonesia, aku sering banget kena penyakit batuk. Karena aku ngga expect bakalan kena penyakit batuk waktu tinggal di Jerman, jadi aku ngga bawa obat batuk dari Indonesia yang aku rasa lebih manjur. Aku gatau kenapa obat yang aku beli di Jerman berasa ngga terlalu ngefek sama aku atau mungkin juga karena aku yang maunya beli obat yang murah murah, tapi kalo aku harus beli obat batuk yang harganya ratusan ribu kalo dirupiahin, kayaknya aku bakal mikir lama, takut ngga sembuh juga. Penyakit batuk yang aku alamin adalah penyakit batuk kering, dimana penyakit batuk ini akan lebih lama disembuhin karena produksi lendir yang sedikit jadinya virusnya atau bakterinya susah untuk dikeluarin dari tubuh kita. Aku udah merasa terganggu banget sama batuk yang aku alamin karena aku itu batuknya udah kayak orang tua yang udah penyakitan gitu loh. Kan jadi ngga enak juga diliat orang kayak pembawa virus berbahaya dan apalagi aku tinggal di negara orang. Sampai akhirnya aku nemuin obat yang manjur untuk ngobatin batuk ku ini, yaitu buah anggur hijau, si buah pereda batuk.

buah pereda batuk

Kenapa buah anggur hijau manjur untuk pereda batuk ?

Sebenernya sih aku nemuin buah anggur ini sebagai obat sejak aku sakit batuk terus menerus selama berbulan bulan dan aku ngerasain demam dan sakit kepala yang baru aku ketahui karena aku punya polip disaluran sinus. Lalu, aku kebingungan mau diobatin pake apa lagi, karena kalo ke dokter di Jerman jarang ada yang bisa bahasa inggris. Sampai akhirnya aku cari tau di Al-Qur’an tentang makanan dan minuman yang berkhasiat. Sebenernya sih kalo menurut Al-Qur’an dulu aku taunya cuman madu yang bisa dijadiin obat dan pada saat itu aku ga ngerasa jenis madu yang aku minum buat aku sembuh. Setelah aku telusuri lagi di Al-Qur’an banyak menyinggung soal anggur yang merupakan tanda kekuasaan Allah S.W.T.. Langsung terpikirkan olehku soal anggur hijau yang baru kubeli kemarin di supermarket dan aku makan sebanyak banyaknya. Rasanya sih emang nyaman banget pas aku makan buah anggur hijau waktu lagi sakit tenggorokan dan batuk. Dan ngga lama kemudian tenggorokanku berasa gatel banget yang bener bener gatel, trus akhirnya aku batuk dan mengeluarkan dahak banyak banget sampe kayaknya semua dahak yang ada di tenggorokanku itu keluar. Aku pun bertanya tanya kenapa bisa begitu yaa, dari waktu aku kecil sakit batuk, trus minum obat batuk, ngga pernah sembuh secepat itu. Malah kalau aku baca baca artikel tentang penyakit batuk, si penyakit ini tuh ngga ada obat nya, jadi obat yang kita beli di apotik itu cuman untuk meringankan gejalanya aja. Dan pada postingan kali ini, aku mau mengupas tuntas tentang khasiat anggur hijau yang bisa menyembuhkan penyakit batuk ku yang berbulan bulan ini.

buah pereda batuk

Khasiat Anggur Hijau :

  1. Kandungan antioksidannya dapat menyembuhkan migrain dan kanker payudara.
  2. Memiliki resveratrol yang dapat mengurangi kadar amyloid beta peptide pada pasien alzheimer dan meningkatkan fungsi otak.
  3. Mempunyai kandungan vitamin C, vitamin K, dan vitamin A yang tinggi sehingga mampu meningkatkan imun tubuh.
  4. Punya antibakteri dan antivirus yang sangat kuat.
  5. Adanya pterostilbene yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
  6. Ekstrak kulit anggur dapat menghambat aktivitas gula darah yang tinggi, sehingga baik untuk penanganan diabetes.
  7. Memiliki kandungan zat besi yang dapat mencegah tubuh dari kelelahan.
  8. Meningkatkan kadar nitrat oksida dalam darah yang dapat mencegah pembekuan darah.

Sebenernya sih masih ada lagi khasiat anggur hijau yang bagus untuk tubuh kita. Tapi aku ngga bisa nyebutin semuanya karena ngga semuanya aku tau. Dari berbagai khasiat anggur hijau yang aku tulis diatas mungkin sudah memberikan jawaban kenapa buah anggur hijau bisa menjadi buah pereda batuk. Yups, betul karena dia mengandung antivirus dan antibakteri pastinya, banyak kandungan vitamin C nya, dan ada kandungan antioksidannya. Sejujur jujurnya sih dari dulu aku ngga pernah suka makan anggur karena bijinya itu kecil kecil dan kalau dikunyah itu rasanya pahit. Tapi ternyata ada aja loh manfaat biji anggur bagi kesehatan tubuh kita yang pastinya ngga jauh beda sama manfaat dagingnya sendiri. Maka dari itu, memang cara mengkonsumsi anggur yang baik adalah dengan mengunyah semua bagian buah anggur kecuali tangkainya. Jadi, setelah aku tau betapa manjurnya anggur untuk kesehatan tubuh, aku jadi suka makan anggur dan udah ngga mikirin lagi soal rasa bijinya yang pahit itu. Aku rekomendasiin banget untuk kalian yang mau diet untuk kurus ataupun yang mau gemukin badan untuk makan anggur hijau ini. Karena gizi yang terdapat dalam anggur hijau sangat bermanfaat sekali untuk membantu sistem pencernaan kita, dan juga, anggur ini dapat memberi kita tenaga ekstra terlebih lagi bagi yang lagi anemia. Oh iya, soal buah anggur hijau ini bisa jadi buah pereda batuk ini menurut pengalaman pribadi aku aja yaa, belum tentu berhasil untuk orang lain, soalnya penyebab batuk juga beda beda dan ngga bisa disamain obatnya. Untuk postingan kedepannya aku akan buat beberapa resep menggunakan si buah anggur hijau ini. Terima kasih sudah membaca, semoga artikel ini membantu yaaah!.

Influensa atau flu punya banyak gejala yang sangat kita ketahui yaitu demam, sakit kepala, pilek, sakit tenggorokan, batuk, dan kelelahan. Tapi, tahukah kamu kalau flu dapat mempengaruhi pendengaran kita? Orang yang terkena flu dapat mengalami gangguan pendengaran yang bisa terjadi sementara maupun permanen. Gangguan pendengaran di salah satu ataupun kedua telinga karena sakit flu, bisa berlangsung sementara atau permanen tergantung dari apa yang sedang terjadi pada telinga kamu selama flu. Tapi sayangnya, ketika kamu kena flu bakalan susah banget untuk menggambarkan apakah kondisinya akan membaik atau virusnya malah membuat kerusakan permanen pada suatu area di telinga.

Yuk, kita bahas kedua tipe gangguan pendengaran!

Tipe yang pertama itu adalah conductive hearing loss yang merupakan suatu hasil dari pemblokiran atau penyumbatan gelombang suara dari bagian dalam telinga. Kalau terjadi selama flu, berarti gangguan telinganya itu sama kayak anak kecil yang lagi ngalamin otitis media atau infeksi telinga bagian tengah atau congekan. Pada dasarnya, didalam telinga bagian tengah ada saluran yang bernama saluran eustachius. Saluran ini dapat tersumbat karena masalah sinus yang sebenernya udah umum kalau dikaitkan dengan flu. Kamu mungkin pernah merasakan rasanya saluran eustachius tersumbat saat naik pesawat. Itu bisa aja terjadi soalnya saluran eustachius itu mengatur tekanan udara di telinga bagian tengah. Saluran eustachius menyambungkan telinga bagian tengah dengan hidung dan tenggorokan. Jadi kamu bisa bayangkan gimana tumpukan cairan di hidung atau sinus bisa menyebabkan gangguan pada telinga. Pada tipe gangguan pendengaran ini, penyumbatan dan tekanan akan berkurang kalau produksi cairan lendirnya juga berkurang.

Lalu, untuk tipe yang kedua adalah sensorineural hearing loss yang merupakan kerusakan telinga bagian dalam ataupun saraf ataupun sel rambut yang menghantarkan sinyal suara ke otak. Sensorineural hearing loss ini merupakan salah satu kasus pendengaran berkurang yang paling tak terduga dari kebanyakan kasus kehilangan pendengaran yang terjadi pada satu telinga atau kedua telinga yang terjadi selama 3 hari atau kurang dari itu. Sensorineural hearing loss yang terjadi saat flu merupakan pengaruh dari serangan virus pada bagian tertentu di telinga bagian dalam. Tipe gangguan pendengaran ini bisa dibilang sangat parah. Kalau kamu sakit flu, terus tiba – tiba pendengaran berkurang, untuk memulihkannya lagi, kamu harus pergi ke dokter THT secepat- cepatnya. Mungkin aja pendengaran kamu bisa disembuhkan pakai steroid. Dateng ke dokter THT mungkin bakalan jadi effort terakhir kamu untuk nyembuhin flu, tapi ini penting loh! Terkadang dokter umum ngga terlalu familiar sama Sensorineural hearing loss yang disebabkan oleh flu, dan mereka akan merasa bahwa gangguan pendengaran itu cuman sementara. Dalam kasus ini, orang yang dateng ke dokter umum itu akan menyadari bahwa gangguan telinga yang dideritanya adalah kerusakan permanen. Terlalu lama mengulur waktu untuk datang ke dokter THT dapat menyebabkan gangguan telinga permanen.

Aku pun selalu ngalamin gangguan pendengaran selama flu, dan memang betul cairan ataupun virus flu itu bisa ngerusak bagian dalam telinga kita. Hal yang aku rasakan saat itu adalah radang telinga dan kehilangan pendengaran pada salah satu telinga saja. Dan untungnya, telingaku bisa disembuhkan karena pertolongan yang cepat dari dokter THT. Kalau kamu sudah merasa ada keanehan dengan pendengaran kamu saat sakit flu, cepatlah ke dokter THT dan jangan ke dokter umum, karena dokter THT akan lebih tahu penanganan yang tepat.